NIKMAH, LILIN NISBIYATIN (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI CERITA RAKYAT BERBASIS NILAI KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADDIE BAGI SISWA KELAS X MA MAMBA'UL HISAN SIDAYU GRESIK. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL'ULUM.
Text
ABSTRAK_LILIN NISBIYATIN NIKMAH_21062101026.pdf Download (290kB) |
|
Text
LILIN NISBIYATIN NIKMAH_21062101026.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nikmah, Lilin Nisbiyatin. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Cerita Rakyat Berbasis Nilai Karakter Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran ADDIE Bagi Siswa Kelas X MA Mamba'ul Hisan Sidayu Gresik. Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing (1) Dr. H. Mustofa, M.Pd, Pembimbing (2) Dr. Nisaul Barokati Selirowangi, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kualtas, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar materi cerita rakyat berbasis nilai karakter mata pelajaran bahasa Indonesia dengan model pengembangan ADDIE bagi siswa kelas X MA Mamba'ul Hisan Sidayu Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini ialah (1) Proses pengembangan bahan ajar yaitu tahapan analisis yang berupa analisis praktis dan teoritis; tahap desain atau perencanaan; Tahap pengembangan produk; tahap implementasi yang berupa uji coba produk awal kepada peserta didik dan guru serta uji validasi dari ahli; tahap revisi terhadap hasi evaluasi yang telah dilakukan; dan tahap penyempurnaan. (2) Kualitas pengembangan bahan ajar aspek materi oleh 2 validator memperoleh rata-rata nilai akhir sebesar 100 atau dengan kriteria validitas Sangat Valid. Penilaian aspek kebahasaan oleh kedua validator terhadap bahan ajar materi cerita rakyat memperoleh hasil rata-rata nilai akhir sebesar 97.5 atau dengan kriteria validitas Sangat Valid. Begitu pula dengan hasil validasi aspek penyajian bahan ajar, oleh kedua validator diperoleh nilai rata-rata sebesar 97.5 atau dengan kriteria validitas Sangat Valid. (3) Keefektifan pada bahan ajar berdasarkan uji kompetensi siswa tugas 1 dan 2 pada bahan ajar dan respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. (4) Perolehan nilai rata-rata pada tugas 1 ialah sebesar 84.6 atau seluruh siswa tuntas dalam mengerjakan tugas, begitu pula dengan tugas 2 memperoleh nilai rata-rata sebesar 84.1 dengan ketuntasan siswa 100%. (5) Kemudian hasil respon siswa terhadap bahan ajar ialah memperoleh nilai rata-rata sebesr 92.6 atau dengan kriteria bahan ajar pada kategori efektif. kepraktisan pada bahan ajar secara keseluruhan menurut persepsi guru sebesar 76.9% dengan tingkat kepraktisan pada kategor Praktis.
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 03:40 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 03:40 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3568 |
Actions (login required)
View Item |