Aprilliati, Lilis (2023) PENGEMBANGAN MODEL INKUIRI BERBANTU MEDIA FOTO DOKUMENTER SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS INFORMASI PENTING DARI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR NEGERI CANGAKAN. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL'ULUM.
Text
ABSTRAK_Lilis Aprilliati_21062101001.pdf Download (165kB) |
|
Text
Lilis Aprilliati_21062101001.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Aprilliati, Lilis. 2023. PENGEMBANGAN MODEL INKUIRI BERBANTU FOTO DOKUMENTER SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS INFORMASI PENTING DARI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR NEGERI CANGAKAN. Tesis. Lamongan: Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing (1) Dr. H. Sariban, M.Pd. (2) Dr. H. Maskub, M.H. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Foto Dokumenter Sosial, Teks Eksplanasi, Siswa kelas atas Sekolah Dasar Penelitian ini berlatar belakang dari keinginan peneliti untuk memudahkan proses pembelajaran keterampilan menulis informasi penting dari teks eksplanasi. Diwujudkan dengan kemampuan siswa menulis informasi yang terdapat pada teks eksplanasi dengan menerapkan penulisan kalimat yang baik dan efektif. dengan melakukan identifikasi kebutuhan peserta didik, peneliti mencari metode pembelajaran yang relevan dan dapat diterapkan untuk mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Metode pembelajaran inkuiri menjadi pilihan peneliti dengan pengembangan yang dilakukan berbantu media foto dokumenter sosial untuk siswa kelas atas sekolah dasar SDN Cangakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) melihat proses pengembangan model pembelajaran inkuiri berbantu foto dokumenter sosial, (2) Validasi pengembangan model inkuiri berbantu foto dokumenter sosial, dan (3) Efektivitas pengembangan model inkuiri berbantu foto dokumenter sosial. Proses pengembangan dilakukan dengan menjaga tahapan-tahapan model inkuiri yang meliputi orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Proses pengembangan yang kemudian dikombinasikan dengan media foto dokumenter sosial. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian dan pengembangan, dalam bahasa Inggris disebut research and development. Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan juga dipergunakan untuk menguji keefektifan produk tertentu. Kegiatan ini dimulai dengan meneliti, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan. Hasil pengembangan pembelajaran model inkuiri ini diwujudkan dalam bentuk modul ajar. Modul tersebut divalidasi oleh validator media dengan nilai 80% dengan kriteria sangat valid, dan validasi pengembangan konten dan bahasa dengan nilai 93% dengan kategori sangat valid. Sedangkan efektivtas pembelajaran dinilai oleh guru dengan persentase 965 dengan kategori sangat efektif, dan dari siswa dengan persentase 83% sangat efektif
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 03:45 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 03:45 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3569 |
Actions (login required)
View Item |