NINGRUM, NIMAS AYU PUSPA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR TEKS DESKRIPSI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DENGAN MODEL KONTEKSTUAL LEARNING DI SMP KHAIRUNNAS TUBAN. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL'ULUM.
Text
ABSTRAK_NIMAS AYU PUSPA NINGRUM_ 210601015.pdf Download (183kB) |
|
Text
NIMAS AYU PUSPA NINGRUM_ 210601015.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Nimas Ayu Puspa Ningrum. 2023. Pengembangan Media Ajar Teks Deskripsi Berbasis Augmented Reality (AR) dengan Model Kontekstual Learning di SMP Khairunnas Tuban. Tesis, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Darul Ulum Lamongan. Pembimbing : (1) Dr. Sariban, M.Pd, dan (2) Dr. H. Mustofa, M.Pd Kata Kunci : Media pembelajaran, Augmented Reality, Kontekstual learning Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media ajar berbasis augmented reality dengan model kontekstual learning dalam pembelajaran teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Khairunnas Tuban yang dirincikan dalam tujuan khusus, yakni (1) mendeskripsikan dan menganalisa pengembangan media augmented reality dalam pembelajaran teks deskripsi dengan model kontekstual learning di SMP Khairunnas Tuban (2) mendeskripsikan dan menganalisa kualitas produk media augmented reality dalam pembelajaran teks deskripsi dengan model kontekstual learning di SMP Khairunnas Tuban yang dikumpulkan melalui (a) validasi media pembelajaran oleh ahli, (b) validasi bahan ajar oleh ahli, (c) aktivitas guru, (d) aktivitas siswa, (e) ketuntasan belajar, (f) keterlaksanaan aktivitas pembelajaran serta (g) kendala-kendala yang dijumpai selama kegiatan belajar mengajar. Metode pengembangan yang digunakan mengikuti rancangan pengembangan ADDIE, yakni (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), dan (5)evaluate (penilaian). Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif yakni, pemaparan proses pengembangan media dan kuantitatif yakni, pemaparan kualitas produk pengembangan bahan dan media pembelajaran yang ditampilkan dalam bentuk tabel melalui perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil analisis data menunjukkan (1) betuk pengembangan media dan bahan ajar berbasis augmented reality dengan media kontekstual learning, (2) kualitas produk media augmented reality dalam pembelajaran teks deskripsi dengan model kontekstual learning yang berdasarkan uji validasi, kualitas keefektifan dan kualitas kepraktisan semuanya berkategori sangat baik. yakni (a) validasi media pembelajaran dengan persentase 100%, (b) validasi bahan ajar dengan persentase 99,2% , (c) aktivitas guru dengan persentase 81,8% ,(d) aktivitas siswa dengan persentase 91,5% ,(e) katuntasan belajar siswa dari rata�rata 72,3 menjadi 80,3 di tahap uji coba dan meningkat menjadi 87,0 di tahap uji hasil dengan persentase 95%, (f) keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 98,9%, (g) respons guru dengan kategori positif dan respons siswa dengan kategori positif. Adapun kendala yang ditemui pada tahap uji coba dan uji hasil diantaranyaterkait alokasi waktu, petunjuk penggunaan media, terbatasnya spesifikasi perangkat atau gadget membuat proses pembelajaran terhambat. Namun kendala-kendala tersebut dapat diminimalisasi dengan adanya revisi sehingga proses pembelajaran tetap berjalan seperti yang diharapkan
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 03:48 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 03:48 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3570 |
Actions (login required)
View Item |