PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM BISNIS INDUSTRI BATIK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. BANGSAWAN INDONESIA TEKSTIL GRESIK

Sundari, Ariefah and Bilgies, Ana Fitriyatul and Rozi, Ahmad Fathur (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM BISNIS INDUSTRI BATIK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. BANGSAWAN INDONESIA TEKSTIL GRESIK. J-MACC, Journal of Management and Accounting, 4 (1).

[img] Text
Jurnal 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
PCX Jurnal 1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
peer review 1001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dalam bisnis Batik “Batik Bangsawan” terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pada PT. Bangsawan Indonesia Tekstil. Jenis penelitian adalah explanatory research. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan CSR PT. Petro Kimia Gresik yang memesan seragam kerja di PT. Bangsawan Tekstil Indonesia. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental sampling dan didapatkan jumlah sampel 125 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, harga yang ditawarkan terjangkau oleh konsumen, lokasi tempat pembelian produk sudah strategis, dan kegiatan promosi sudah sesuai dengan harapan konsumen. Bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dijual, harga yang ditawarkan, tempat yang strategis, dan promosi yang sudah dilakukan tidak dapat menjadikan konsumen loyal pada PT. Bangsawan Tekstil Indonesia. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen yang loyal dapat dipastikan merasa puas dengan apa yang didapatkannya

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: admin unisda jaya
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:48
Last Modified: 27 Jul 2021 02:25
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item