PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) MENGGUNAKAN MEDIA PASIMETA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SIMETRI PUTAR

13311585, EVI LUPITA SARI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) MENGGUNAKAN MEDIA PASIMETA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SIMETRI PUTAR. thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img]
Preview
Text
EVI LUPITA SARI.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sari, Evi Lupita. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Mengunakan Media Pasimeta untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Simetri Putar. Kata Kunci :Two Stay Two Stray, Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray menggunakan media Pasimeta dalam pembelajaran simetri putar dapat membantu siswa agar siswa dapat saling bekerjasama, bertanggungjawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas atau tidaknya penerapan model Two Stay Two Stray dalam pembelajaran simetri putar ditinjau dari (1) ketuntasan belajar siswa, (2) aktivitas siswa, (3) aktivitas guru, (4) respon siswa, di kelas V SDN Supenuh tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Supenuh yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang telah tuntas belajar mencapai 87,50% siswa. Hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh keaktifan siswa 100%. Hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh keaktifan guru 100%. Dan dari hasil angket respon siswa diperoleh respon siswa sebesar 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray mengguanakan media Pasimeta efektif diterapkan pada pembelajaran simetri utar di kelas V SDN Supenuhtahunpelajaran 2016/2017.

Item Type: Name Thesis ()
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: admin unisda jaya
Date Deposited: 08 Mar 2018 08:56
Last Modified: 08 Mar 2018 08:56
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/8

Actions (login required)

View Item View Item