REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DALAM SUDUT PANDANG EKONOMI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG (Studi Kasus Pasar Lembung)

I SIFAULATIFAH, PUTR (2022) REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DALAM SUDUT PANDANG EKONOMI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG (Studi Kasus Pasar Lembung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18053014_PUTRI SIFAULATIFAH.pdf

Download (508kB)
[img] Text
18053014_PUTRI SIFAULATIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasar merupakan tempat terjadinya jual beli. Selain itu, pasar juga menjadi tempat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan merupakan pusat pergerakan perekonomian masyarakat. Maraknya perkembangan pasar modern sehingga menjadi persaingan bagi pasar tradisional semakin ketat. Program revitalisasi diadakan karena untuk dapat menyaingi pasar modern. Revitalisasi pasar juga dapat dilihat dari salah satu fungsi pasar yaitu pasar sebagai penopang utama perekonomian yang berhubungan secara langsung dengan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Fokus penelitian dalam penulis skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya desa dalam pengelolaan pasar tradisional untuk meningkatkan kepuasan pedagang di pasar Lembung? (2) Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap upaya pengelola dalam merevitalisasi pasar tradisional?. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif . Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi langsung, dan pencatatan dokumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT. Untuk keabsahan temuan menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan/kegigihan , triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini revitalisasi pasar tradisional untuk meningkatkan kepuasan pedagang yaitu dengan cara menambah kerja sama dengan pemangku kepentingan, menjalin komunikasi dan pemberian motivasi kepada para pedagang, dengan adanya kemajuan teknologi dan komunikasi. Memperbaiki kualitas pelayan dan respon keluhan terhadap pedagang dengan adanya kebijakan dari pemerintah. Konsep mekanisme pasar dalam islam dibangun atas prinsip : Ar- Ridha, Berdasarkan persaingan sehat, Kejujuran, Keterbukaan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 25 Nov 2023 05:16
Last Modified: 25 Nov 2023 05:16
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item