UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE TALKING STICK DI MI DARUL ULUM KATEMAS

PUTRI, NUGRAHANI EKA (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE TALKING STICK DI MI DARUL ULUM KATEMAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054020_NUGRAHANI EKA PUTRI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
17054020_NUGRAHANI EKA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Eka, Nugrahani Putri, 2021 “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE TALKING STICK DI MI DARUL ULUM KATEMAS” Unisda Lamongan, Pembimbing (1) Dr. Sauqi Futaqi, M.Pd.I. (2) Adhita Dwi Handayani, M.Pd Kata kunci : Talking Stick, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar. Pembelajaran tematik merupakan gabungan dari beberapa mata pelajaran yang dikelompokkan dengan tema tertentu yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, hal ini cukup bertolak belakang ketika peneliti menyaksikan pembelajaran yang pasif dan dan kurangnya semangat belajar para siswa dikarenakan kurangnya inisiatif guru dalam menggunakan sebuah metode atau media pembelajaran. Menyadari adanya permasalahan seperti ini diperlukannya penggunaan metode yang inovatif sehingga mampu meningkatkan semanat belajar para siswa. Melalui metode talking stick ini diharapakan mampu untuk meningkatkan hasil belajar, keatifan serta semangat belajar para siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan metode Talking Stick (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran tematik kelas II di MI Darul Ulum Katemas. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan sumber�sumber yang didapat dari survey langsung dilapangan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwasannya hasil belajar, keaktifan serta semangat belajar siswa mengalami sejumlah peningkatan meski dirasa belum optimal. Adapun keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari prosentase dan nilai rata-rata yang diperoleh para siswa, hal tersebut dapat dilihat ketika sebelum dilakukannya penelitian ini prosentase belajar siswa hanya 45% dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 56,5. Dan saat siklus I prosentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5% sehingga jumlah prosentase menjadi 50% dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 62,75. Dan saat siklus II prosentase hasil belajar siswa kembali mengalami, namun kali ini cukup signifikan sebesar 25% sehingga jumlah prosentase menjadi 75% dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 69,25

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Talking Stick, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 09:20
Last Modified: 26 Nov 2023 09:20
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item