PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI ASSYAFI’IYAH GETUNG TURI LAMONGAN

WULANSARI, SITI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI ASSYAFI’IYAH GETUNG TURI LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054002_SITI WULANSARI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
17054002_SITI WULANSARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Wulansari, Siti, 2021 “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI ASSYAFI‟IYAH GETUNG TURI LAMONGAN” Universitas Islam Darul „Ulum Lamongan, Pembimbing (1) MAHBUB JUNAIDI, M.Th.I. (2) IDA LATIFATUL UMROH, M.Pd.I Kata kunci: Hasil belajar, Make a Match, Media Gambar, Tematik Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini bertolak belakang dengan realitas di kelas, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, dimana guru yang berperan sebagai sumber sehingga siswa cenderung pasif yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu menggunakan model make a match dengan media gambar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model Make a Match dengan media gambar pada pembelajaran. (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui model make a match dengan media gambar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III MI Assyafi‟iyah Getung dengam jumlah 26 siswa. Pengumpulan data dari pelaksanaan tindakan di lapangan dengan teknik observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa, hasil belajar siswa, angket, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Tindakan dikatakan berhasil dengan dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) penerapan make a match dengan media gambar dilaksanakan dengan guru menjelaskan materi melalui media, membagi kelompok, mencari pasangan, mempresentasikan dan pemberian reward. (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui model Make a Match dengan media gambar mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai rata-rata mencapai 66,15 dengan presentase ketuntasan belajar 38,46%. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 74,80 dengan presentase ketuntasan belajar 73,07%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,42 dengan presentase ketuntasan belajar 92,30%. Dengan demikian, penerapan model make a match dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI Assyafi‟iyah Getung Turi Lamongan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar, Make a Match, Media Gambar, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 11:13
Last Modified: 26 Nov 2023 11:13
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item