PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS IV MI AL-MUKHLISIN BANJARMADU KARANGGENENG LAMONGAN

LESTARI, VIVIN AYU (2021) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS IV MI AL-MUKHLISIN BANJARMADU KARANGGENENG LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054012_VIVIN AYU LESTARI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
17054012_VIVIN AYU LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lestari, Vivin Ayu. 2021. “PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS IV MI AL-MUKHLISIN BANJARMADU KARANGGENENG LAMONGAN” Unisda Lamongan Pembimbing (1) MAHBUB JUNAIDI, M.Th.I. (2) KHOIROTUN NI‟MAH, M.Pd.I. Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar siswa, Pembelajaran Tematik, Teams Games Tournament Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang berpusat untuk mengaktifkan siswa. Namun, hal ini bertolak belakang dengan proses pembelajaran di dalam kelas MI Al-Mukhlisin. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran sehingga mengakibatkan aktivitas siswa menjadi pasif dan hasil belajar siswa terutama pada muatan IPA belum mencapai KKM yang ditentukan. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) untuk diterapkan kepada siswa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana penerapan model TGT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, (2) apakah model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA materi gaya kelas IV MI Al-Mukhlisin Banjarmadu?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus meliputi tahap : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A MI Al-Mukhlisin dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) penerapan model TGT dilaksanakan dengan cara penyajian kelas, belajar kelompok, permainan, turnamen, dan penghargaan. (2) dalam penerapan model TGT terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Dibuktikan dengan keseluruhan aktivitas siswa siklus I mencapai presentase 75%, sedangkan siklus II meningkat sebesar 84%. Adapun hasil belajar siswa siklus I diperoleh presentase ketuntasan mencapai 67% dengan rata-rata 73,3, sedangkan siklus II mengalami peningkatan presentase ketuntasan sebesar 87,5% dengan rata-rata 83,54. Dengan demikian, model Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA materi gaya kelas IV MI AL-Mukhlisin. Adapun saran bagi guru dalam mengajar hendaknya menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar siswa, Pembelajaran Tematik, Teams
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 11:27
Last Modified: 26 Nov 2023 11:27
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item