Sulistiawati, Sulistiawati (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS V MI AZHARIYAH TEGALREJO KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054013_SULISTIAWATI.pdf Download (118kB) |
|
Text
17054013_SULISTIAWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sulistiawati, 2021 “EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS V MI AZHARIYAH TEGALREJO KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN” Unisda Lamongan Pembimbing (1) Dr. H. MUH. UFUQUL MUBIN, M.Ag. (2) SAMPIRIL TAURUS TAMAJI, M.Pd.I Kata kunci : Model Mind Mapping, Hasil Belajar, Pelajaran SKI Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa, oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan model pembelajaran mind mapping dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran mind mapping suatu model yang dapat melatih siswa agar lebih kreatif dan berfikir kritis, dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping siswa lebih semangat dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MI Azhariyah Tegalrejo di kelas V pada mata pelajaran SKI. Tujuan mempelajari SKI agar siswa dapat mengetahui sejarah-sejarah Islam terutama sejarah Khalifah, untuk meneladani sifat-sifat dari para Khalifah. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan model mind mapping pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Azhariyah Tegalrejo. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan model mind mapping di kelas V MI Azhariyah Tegalrejo. (3) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Azhariyah Tegalrejo. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis eksperimen, dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, tes dan dokumentasi. Dari data yang dikumpulkan, setelah dianalisis bahwa efektifitas penerapan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Azhariyah Tegalrejo terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V yang signifikan. Hal ini dapat ditunjukan dari hasil perhitungan nilai rata-rata posttest lebih tinggi yaitu sebesar 57,5 sedangkan nilai rata-rata pretest sebesar 49,28. Hasil uji paired t-test, yang di dapat sebesar 8,250 > 2,145 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre�test) dengan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test).
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Model Mind Mapping, Hasil Belajar, Pelajaran SKI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 26 Nov 2023 11:37 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 11:37 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
View Item |