ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY

NA'IMAH, AFIFAH NURUL (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17031005_AFIFAH NURUL NA'IMAH.pdf

Download (83kB)
[img] Text
17031005_AFIFAH NURUL NA'IMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Na‟imah, Afifah Nurul. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul „Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Ali Shodikin, M.Pd (2) Khafidhoh Nurul Aini, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Masalah, Pemecahan Masalah, Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dan tingkat kemampuan siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori polya yang ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena menghasilkan data tertulis yang lebih komprehensif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C di SMP Islam Bustanul Hikmah yang berjumlah 8 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket MBTI, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Materi yang digunakan pada tes pemecahan masalah matematika adalah materi statistika. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses pemecahan masalah matematika oleh siswa yang bertipe kepribadian guardian hanya memenuhi 3 indikator pemecahan masalah matematika yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksankan rencana. Proses pemecahan masalah matematika oleh siswa yang bertipe kepribadian artisan hanya mampu memenuhi 3 indikator pemecahan masalah matematika yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksankan rencana. Proses pemecahan masalah matematika oleh siswa yang bertipe kepribadian rasional hanya mampu memenuhi 1 indikator pemecahan masalah matematika yaitu memahami masalah. Proses pemecahan masalah matematika oleh siswa yang bertipe kepribadian idealist mampu memenuhi 4 indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksankan rencana, dan memeriksa kembali. 2) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang bertipe kepribadian guardian adalah tinggi dan sangat tinggi. Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang bertipe kepribadian artisan adalah cukup dan sangat tinggi. Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang bertipe kepribadian rasional adalah sangat rendah. Dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang bertipe kepribadian idealist adalah sangat tinggi.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Masalah, Pemecahan Masalah, Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 12:59
Last Modified: 26 Nov 2023 12:59
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item