PENGARUH PERSEPSI DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

NIAWATI, ZULIN (2021) PENGARUH PERSEPSI DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17031003_ZULIN NIAWATI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
17031003_ZULIN NIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Niawati, Zulin. 2021. Pengaruh Persepsi dan Motivasi Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran Daring. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul „Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Ali Shodikin, M.Pd (2) Heny Ekawati Haryono, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Persepsi dan Motivasi, Berpikir Kreatif Matematik. Persepsi dan motivasi adalah anggapan dan dorongan yang berasal dari siswa tentang suatu objek atau materi yang diberikan oleh guru atau pengajar dalam suatu proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya saat ini di sekian banyak sekolah, kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tergolong rendah, hal ini dikarenakan oleh kurangnya motivasi belajar matematika siswa, sehingga menimbulkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, karena menghasilkan data tertulis yang lebih komprehensif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMK NU 1 Karanggeneng yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen yaitu siswa menyelesaikan soal pretes dan postes yang kemudian kedua hasilnya dibandingkan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi dan motivasi siswa dari hasil angket serta hasil wawancara setelah siswa mengerjakan soal. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dan metode angket digunakan untuk mengetahui persepsi dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari persepsi dan motivasi siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang tidak signifikan pada kelas yang melaksanakan pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp dan kelas yang melaksanakan pembelajaran daring menggunakan aplikasi googleclassroom. Maka bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi semua pendidik untuk mencoba memotivasi dan menggunakan model pembelajaran lain kepada anak didiknya dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengaruh, Persepsi dan Motivasi, Berpikir Kreatif Matematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 23:07
Last Modified: 26 Nov 2023 23:07
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item