PENGARUH MOTIF DAKWAH EKONOMI ISLAM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Basmalah Sungelebak Karanggeneng Lamongan)

SILMA, FATIHATUS (2023) PENGARUH MOTIF DAKWAH EKONOMI ISLAM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Basmalah Sungelebak Karanggeneng Lamongan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fatihatus Silma_ 19053015-8.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Fatihatus Silma_ 19053015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Motif Dakwah Ekonomi Islam, Harga, Keputusan Pembelian. Perkembangan perekonomian pada bidang retail telah berkembang di Indonesia. Salah satu retail yang berkembang berbasis syariah yaitu Toko Basmalah. Toko Basmalah harus memiliki strategi yang dapat bersaing dengan para pebisnis lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dengan cara memperhatikan motif dakwah ekonomi islam dan harga terjangkau untuk menarik perhatian konsumen. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh motif dakwah ekonomi islam dan harga terhadap keputusan pembelian barang di toko basmalah secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Insidental dengan jumlah sampel 70 konsumen. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis data menunjukkan variabel motif dakwah ekonomi islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t hitung 3,207 > t tabel 1,996 dan nilai signifikan 0,002<0,05. Sedangkan, variabel harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t hitung 5,981 > t tabel 1,996 dan nilai signifikan 0,000<0,05. Kemudian, secara simultan motif dakwah ekonomi Islam dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menunjukkan f hitung sebesar 25.935 > f tabel 3.13 dan nilai signifikan 0,000<0,05, dengan nilai koefisien determinasi (R.Square) sebesar 42% menunjukkan pengaruh motif dakwah ekonomi islam dan harga terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 58% dipengaruhi variabel lain

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:40
Last Modified: 27 Nov 2023 03:40
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item