PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIFIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS VII SMP NU SIMO

HASANAH, USWATUN (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIFIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS VII SMP NU SIMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak_USWATUN HASANAH_19031022-9.pdf

Download (385kB)
[img] Text
USWATUN HASANAH_19031022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran ARIFIN, Pemahaman Konsep Geometri, TekaTeki Silang. Model Pembelajaran ARIFIN merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif pada setiap tahapannya dan melatih siswa untuk mengkontruksi pengetahuan mereka melalui serangkaian tahapan meliputi: aksi, refleksi, interaksi, formalisasi, interkoneksi, dan narasi. Peneliti juga menggunakan media pembelajaran agar dapat menarik minat belajar siswa dan mempermudah siswa dalam memahami konsep geometri. Media pembelajaran yang digunakan adalah Permainan TekaTeki Silang Angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran ARIFIN menggunakan Permainan Teka-Teki Silang dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada topik Geometri di kelas VII SMP NU Simo Tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian prettest dan posttest control group design. Subjek penelitian ini sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling pada kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan selanjutnya di analisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukan nilai signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran ARIFIN menggunakan Permainan Teka-Teki Silang dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada topik Geometri memiliki rata-rata 6,92.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 05:25
Last Modified: 27 Nov 2023 05:25
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item