PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERDASARKAN TEORI PLOMP PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEKET

RIZAL MUZAQI, MOH (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERDASARKAN TEORI PLOMP PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEKET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Rizal Muzaqi-19031002-8.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Rizal Muzaqi-19031002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, CTL, Aljabar Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi aljabar perlu dilakukan, karena materi aljabar merupakan materi yang terus digunakan di setiap jenjang pendidikan mulai dari SMP sampai perguruan tinggi. Namun, sebagai besar siswa mengalami kesulitan belajar dan kurangnya motivasi belajar yang membuat penurunan hasil belajar, khususnya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Deket Tahun Pelajaran 2023/2024. Peneliian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan penekanan-penekanan bentuk pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk melakukan penelitian guna memperoleh informasiinformasi yang dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan. Hasil utama penelitian ini sebagai berikut. Pertama, perangkat pembelajaran baru yang valid untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman materi dalam pembelajaran bentuk aljabar untuk siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Deket Tahun Ajaran 2023/2024 terdiri dari modul ajar, bahan ajar dan lembar kerja siswa (LKS). Kedua, perangkat pembelajaran baru yang praktis dalam penggunaan didasari dari penilaian penggunaan oleh guru pembelajaran matematika dan validator. Ketiga, perangkat pembelajaran yang efektif dinilai dari meningkatkan pemahaman siswa, motivasi belajar dan tercapainya prestasi siswa.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:44
Last Modified: 27 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item View Item