Rofi’ah, , Ulyatur (2023) Pengaruh Penggunaan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII Smp Al-Ishlah Bungah Gresik, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Skripsi thesis, universitas darul 'ulum lamongan.
Text
SKRIPSI_ ULYATUR ROFI_AH _19052011.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
abstrak_ ULYATUR ROFI_AH _19052011.pdf Download (577kB) |
Abstract
ABSTRAK Rofi’ah, Ulyatur,2023, Pengaruh Penggunaan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII Smp Al-Ishlah Bungah Gresik, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Pembimbing (1) Ida Latifatul Umroh, M.Pd.I (2) Sampiril Taurus Tamaji M.Pd.I Kata kunci: Permainan Scrabble, Keterampilan Menulis Bahasa Arab Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam komunikasi secara tidak langsung. Penelitian ini di latar belakangi oleh masih ada siswa yang belum bisa menulis bahasa arab dengan benar,rendahnya pengetahuan siswa dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan ketika pembelajaran bahasa Arab. Kondisi ini tentu sangat berpengaruh pada keterampilan menulis Bahasa arab. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan permainan scrabble. Dengan adanya penggunaan permainan scrabble ini diharapkan terdapat pengaruh peningkatan keterampilan menulis Bahasa arab. Penelitian ini dilakukan di Smp Al-Ishlah Bungah Gresik. adapun tujuannya adalah (1) mengetahui penggunaan permainan scrabble terhadap keterampilan menulis Bahasa arab pada siswa kelas VII Smp Al-Ishlah Bungah Gresik dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan keterampilan menulis Bahasa arab setelah menerapkan permainan scrabble pada siswa kelas VII Smp Al-Ishlah Bungah Gresik. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan Quasi Eksperimental Design. pengumpulan datanya menggunakan empat teknik yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknis analisis data statistik deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 54.79, dan nilai rata-rata postest siswa sebesar 86.08. sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata pretest 58.86, dan dan nilai rata-rata postest siswa sebesar 71.86, hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kontrol mengalami peningkatan. Sedangkan pada kelas eksperimen dan kontrol hasil yang diperoleh menggunakan uji hipotesis sama-sama menunjukkan taraf signifikan p= 0.000 yang berarti taraf signifikan p kurang dari 0,05.maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan keterampilan menulis Bahasa arab setelah menerapkan permainan scrabble.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Scrabble, Keterampilan Menulis Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 14:58 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 15:02 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1459 |
Actions (login required)
View Item |