Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Maharah Kalam siswa kelas V MI Islamiyah Puter Kembangbahu Lamongan

uwin, uwin (2023) Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Maharah Kalam siswa kelas V MI Islamiyah Puter Kembangbahu Lamongan. Skripsi thesis, universitas darul 'ulum lamongan.

[img] Text
SKRIPSI UWIN PBA 19052003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
abstrak_ UWIN PBA 19052003.pdf

Download (520kB)

Abstract

Abstrak Uwin, 2023, Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Maharah Kalam siswa kelas V MI Islamiyah Puter Kembangbahu Lamongan, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Pembimbing (1) Ida Lathifatul Umroh M.Pd.I, Pembimbing (2) Hurin In Nihayatus Sa’adah M.Pd.I Kata Kunci : Maharah Kalam, Penerapan Media Realia Keterampilan berbicara merupakan kemampuan dasar dalam ilmu bahasa karena salah satu fungsi pembelajaran bahasa adalah agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Dalam Bahasa Arab terdapat empat keterampilan bahasa yaitu mendengar, berbicara, menulis dan membaca. Dari keempat keterampilan tersebut, yang peneliti fokuskan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya peserta didik dalam menyampaikan suatu ujaran yang akan dikemukakan dan kurangnya kemampuan berbicara dalam bahasa arab. Oleh karena itu, peneliti memberikan penerapan media realia untuk meningkatkan maharah kalam. Dengan adanya penerapan media realia ini diharapkan mampu meningkatkan maharah kalambahasa arab peserta didik. Penelitin ini dilakukan di MI Islamiyah Puter Kembangbahu Lamongan. Adapun tujuannya adalah (1) mengetahui penerapan media realia terhadap siswa kelas V MI Islamiyah Puter dan (2) mengetahui peningkatan maharah kalam bahasa arab siswa kelas V MI Islamiyah Puter Kembangbahu Lamongan dengan penerapan media realia. Adapun jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif , sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan bentuk desain one group pretest postest. Pengumpulan datanya menggunakan empat teknik yaitu observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jumlah total nilai pretest siswa 1.790 sedangkan nilai postest siswa sebesar 2.280, nilai rata-rata (mean) pretest 72 dan nilai rata-rata (mean) postest siswa sebesar 78, nilai tertinggi pretest siswa 80 sedangkan nilai tertinggi postest siswa sebesar 90, nilai terendah pretest siswa 50 dan nilai terendah postest siswa sebesar 60, standar deviasi pretest siswa 10,2 sedangkan standar deviasi postest siswa sebesar 10,7, median pretest siswa 60.00 sedangkan median postest sebesar 80.00, grafik nilai tertinggi pretest terdapat 4 siswa sedangkan grafik nilai tertinggi postest terdapat 10 siswa, grafik nilai terendah pretets terdapat 10 siswa sedangkan grafik nilai terendah postest terdapat 3 siswa. Dari data-data tersebut secara keseluruhan dapat diketahui nilai rata-rata dari pretest hingga postest mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media realia secara signifikan dapat meningkatkan maharah kalam siswa kelas V MI Islamiyah Puter Kembangbahu Lamongan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maharah Kalam, Penerapan Media Realia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 28 Nov 2023 15:17
Last Modified: 28 Nov 2023 15:17
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item