“EFEKTIVITAS PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK DALAM BAHASA ARAB TERHADAP KELAS X DI SMK NU 1 KARANGGENENG LAMONGAN”

Hidayah,, Nur (2022) “EFEKTIVITAS PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK DALAM BAHASA ARAB TERHADAP KELAS X DI SMK NU 1 KARANGGENENG LAMONGAN”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
ABSTRAK_ NUR HIDAYAH_18052001 .pdf

Download (611kB)
[img] Text
SKRIPSI NUR HIDAYAH_18052001 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Nur, 2022 “EFEKTIVITAS PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK DALAM BAHASA ARAB TERHADAP KELAS X DI SMK NU 1 KARANGGENENG LAMONGAN” Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan, Pembimbing (1) KHOROTUN NI’MAH, M.pd.I. (2) IDA LATIFATUL UMROH, M.pd.I. Kata Kunci : Ketrampilan Menyimak, Permainan Bisik Berantai. Ketrampilan menyimak merupakan ketrampilan tertinggi dari keempat ketrampilan bahasa. Dengan menguasai ketrampilan menyimak siswa dapat memahami dan mendengarkan suatu informasi lebih konsentrasi, cepat, dam terarah dalam mendengar sesuatu sesuai dengan konteks dan situasi dimana mereka menyimak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang ketrampilan menyimak bahasa arab. Oleh karena itu, peneliti memberikan metode permainan bisik berantai dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan ketrampilan menyimak dan semangat serta motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana metode permainan bisik berantai yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilan menyimak bahasa Arab terhadap kelas X di SMK NU 1 Karanggeneng Lamongan, (2) untuk mengetahui keefektivan faktorfaktor yang mempengaruhi penggunaan metode permainan bisik berantai untuk meningkatkan ketrampilan menyimak dalam bahasa arab terhadap kelas X di SMK NU 1 Karanggeneng Lamongan dengan menggunakan permainan bisik berantai. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre- exprimental design, typeone group pretest -posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obsevasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analis data analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil sebelum diberikan treatmean terdapat 7 siswa yang tuntas (31,81%) dan 15 siswa yang tidak tuntas (68,18%) dengan nilai rata -rata 68,64 yang tergolong rendah. Sedangkan setelah diberikan penerapan permainan bisik berantai, terdapat 21 siswa yang tuntas (95,45%) dan 1 siswa yang tidak tuntas (4,54%) dengan nilai ratarata 92,27 yang tergolong tinggi. dari hasil data yang diperoleh secara keseluruhan dapat diketahui bahwa dilai rata-rata pretest dan posstest mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan bisik berantai dapat secara signifikan meningkatkan ketrampilan menyimak bahasa arab terhadap siswa kelas X SMK NU 1 Karanggeneng Lamongan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Menyimak, Permainan Bisik Berantai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:10
Last Modified: 29 Nov 2023 02:10
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item