Ayu Rismawati,, Mitha (2022) “Penerapan Metode Qira’ah Jahriyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas II MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan.”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
SKRIPSI MITHA AYU RISMAWATI_18052005.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
abstrak_ MITHA AYU RISMAWATI_18052005.pdf Download (368kB) |
Abstract
Abstrak Ayu Rismawati, Mitha, 2022, “Penerapan Metode Qira’ah Jahriyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas II MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan.” Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Darul Ulum Lamongan, Pembimbing (1) Dr. Muhid, M.Ag, Pembimbing (2) Hurin Innihayatus Sa’adah, M.Pd.H. Kata Kunci : Keterampilan Membaca, Qira’ah Jahriyah. Keterampilan membaca dengan adalah kapasitas seseorang dalam memahami, menafsirkan, membaca dan memecahkan kode bahasa pada teks tulis. Penggunaan keterampilan membaca pada pembelajaran sangat penting karena bisa menunjang siswa dalam pemahaman materi dan menghindari kesalahpahaman. Qira’ah Jahriyah adalah membaca dengan menekankan kepada aktivitas anggota bicara: lisan, bibir, tengggorokan untuk mengeluarkan bunyi. Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya pengetahuan siswa terhadap keterampilan membaca bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti memberikan penerapan metode qira’ah jahriyah dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca serta semangat dan motivasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan metode qira’ah jahriyah dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas II MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan (2) Mengetahui peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas II MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan dengan menggunakan metode qira’ah jahriyah. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretestposttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan terdapat 4 siswa yang tuntas (30,76%) dan 9 siswa yang tidak tuntas (69,23%) dengan skor nilai rata-rata 70,76 yang tergolong rendah. Adapun setelah diberikan penerapan metode qira’ah jahriyah terdapat 12 siswa yang tuntas (92,30%) dan 1 siswa yang tidak tuntas (7,70%) dengan skor nilai rata-rata 88,46 yang tergolong tinggi. Dari hasil data yang diperoleh secara keseluruhan dapat diketahui nilai rata-rata dari pretest dan posttest mengalami peningkatan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode qira’ah jahriyah secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas II MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca, Qira’ah Jahriyah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 02:28 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 02:28 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |