“MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB MELALUI MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PENDEKATAN KONSELING RELAKSASI PADA SISWA KELAS VII B MTS AL-FALAH GAJAH”

Subastian, Ahmad Refaldi (2021) “MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB MELALUI MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PENDEKATAN KONSELING RELAKSASI PADA SISWA KELAS VII B MTS AL-FALAH GAJAH”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
Skripsi Ahmad Refaldi Subastian (17052006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
abstrak_ Ahmad Refaldi Subastian (17052006).pdf

Download (375kB)

Abstract

ABSTRAK Subastian, Ahmad Refaldi, 0,02 “MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB MELALUI MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PENDEKATAN KONSELING RELAKSASI PADA SISWA KELAS VII B MTS AL-FALAH GAJAH” Pendidikan Bahasa Arab, Unisda Lamongan, Pembimbing (2) M. RIZAL RIZQI, M. Pd. I (0) KHOIROTUN NI’MAH, M. Pd. I Kata Kunci : Maharah Kitabah, Media Puzzle, Pendekatan Konseling Relaksasi Maharah Kitabah adalah suatu proses kreatifitas menuangkan ide atau gagasan yang ada di dalam pikiran yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Pembelajaran dengan media Puzzle merupakan pembelajaran yang menuntut siswa untuk berlatih menulis Bahasa Arab dan menata huruf per huruf sehingga siswa tidak hanya tau kosa katanya melainkan juga paham bentuk penulisannya. Pembelajaran ini disertai dengan menggunakan model konseling relaksasi yang artinya kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan keadaan santai, meminimalisasi kecemasan peserta didik dengan meredakan ketegangan serta kekhawatiran yang berlebihan secara perlahan dan mengajak siswa agar saling berinteraksi dengan aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab melalui Permainan berbentuk Puzzle dengan Model Pendekatan Konseling Relaksasi Siswa Kelas VII B MTs Al-Falah. (0) Untuk mengetahui keefektivan Keterampilan Menulis Bahasa Arab melalui Permainan berbentuk Puzzle dengan Model Pendekatan Konseling Relaksasi Siswa Kelas VII B MTs Al-Falah. Dalam penelitian ini, Disini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian Kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan 4 instrumen yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil pre test menunjukkan bahwa dari 00 siswa mendapatkan nilai ratarata 20. Hasil post test mendapatkan nilai rata-rata 7000. Dari hasil post test adalah ,,42 dan nilai dari pre test adalah ,0,,. Sehingga diperoleh ≤ ‌ ,0,0 dari kedua nilai tersebut, karena nilai signifikansi data untuk post test dan pre test lebih besar dari taraf signifikansi ,0,0, maka dari data post test dan pre test berdistribusi normal. Pada uji perbedaan pada kelas post test diketahui bahwa nilai signifikan adalah Pvalue uji Wilcoxon Signed Rank Test tersebut dengan nilai ,0,,, adalah lebih kecil α (,0,0), Dari sini dapat diketahui bahwa Thitung = , lebih kecil daripada Ttabel = 0,, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka diketahui pada pre test dan post test terdapat perbedaan dalam kemampuan maharah kitabah bahasa Arab.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maharah Kitabah, Media Puzzle, Pendekatan Konseling Relaksasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:59
Last Modified: 29 Nov 2023 02:59
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item