“PENGARUH METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH KITABAH BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MADARASAH TSANAWIYAH PUTRA PUTRI SIMO LAMONGAN

SARI, LINDA KARTIKA (2021) “PENGARUH METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH KITABAH BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MADARASAH TSANAWIYAH PUTRA PUTRI SIMO LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_linda Kartika Sari pba (17052004)-13.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Skripsi linda Kartika Sari pba (17052004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kartikasari, Linda, 2525 “PENGARUH METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH KITABAH BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MADARASAH TSANAWIYAH PUTRA PUTRI SIMO LAMONGAN” Unisda Lamongan, Pembimbing (5) Dr. H. Muh. Ufuqul Mubin, M.Pd. I. (2) Khoirotun Ni’mah, M.Pd.I Kata Kunci : maharah kitabah bahasa arab, metode scramble Maharah kitabah merupakan kemahiran dasar dalam ilmu bahasa sebab salah satu fungsi pembelajaran bahasa arab adalah agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya suatu (ketrampilan menulis) siswa pada mata pelajaran bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan penerapan maharah kitabah di MTS Putra Putri Simo Lamongan. Untuk mengetahui pengaruh metode Scramble di MTS Putra Putri Simo Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan metode scramble dan kelompok kontrol yang tidak di beri perlakuan metode scramble. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus statistika deskriptif dan uji prasyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5051 maka diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 5.11 ≥ 2055. Hasil penelitian ini, dapat di ketahui bahwa penerapan metode scramble yang di lakukan di MTS putra putri simo lamongan di nilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. dan hasil nilai uji dinyatakan bahwa pengaruh metode scramble mampu meningkatkan kemampuan maharah kitabah bahasa arab di MTS Putra Putri Simo Lamongan. Hal ini terlihat dari Hasil pre-test menunjukan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda yakni 10025 pada kelas kontrol dan 15015 untuk kelas eksperimen. Kemudian hasil post-test menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh ratarata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 01015 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 91005.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: maharah kitabah bahasa arab, metode scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:06
Last Modified: 29 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item