SOLIKHAH, SITI NUR (2021) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK “IRTIBAT AL-KALIMAT” UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB PADA SANTRI KELAS ULA MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR SIMO”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
Skripsi PBA Siti Nur Solikhah (17052005).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
abstrak_PBA Siti Nur Solikhah (17052005)-11.pdf Download (490kB) |
Abstract
ABSTRAK Solikhah, Siti Nur, 0002 “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK “IRTIBAT AL-KALIMAT” UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB PADA SANTRI KELAS ULA MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR SIMO” Pendidikan Bahasa Arab, Unisda Lamongan, Pembimbing (2) M. RIZAL RIZQI, M. Pd. I (0) KHOIROTUN NI’MAH, M. Pd. I Kata Kunci : Efektivitas, Teknik Irtibat al-Kalimat, Kosa Kata Efektifitas pada dasarnya menunjukkan kepada suatu tingkat kesesuaian antara hasil yang dicapai dengan hasil yang diharapkan. Efektif dapat diukur dari beberapa jumlah siswa yang berhasil mencapai tujuan belajar dalam waktu yang akan ditentukan. Dengan disertai teknik Irtibat al-Kalimat atau dalam bahasa Indonesia adalah pengasosiasian kata (mufrodat) yang merupakan salah satu teknik latihan dengan menyebutkan kosa kata yang tergolong dalam satu kategori. Kosa kata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dimiliki oleh pembelajar bahasa Arab. Kosa kata (mufrodat) dalam bahasa Arab merupakan himpunan kosa kata atau khazanah kata yang diketahui oleh seseorang yang merupakan bagian dari bahasa tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah: (2) Untuk mengetahui Penggunaan Teknik “Irtibat al-Kalimat” untuk Meningkatkan Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab pada Santri Ula Putri di Madrasah Diniyah Pondok pesantren Matholi’ul Anwar (0) Untuk mengetahui keefektifan Penggunaan Teknik “Irtibat al-Kalimat” untuk Meningkatkan Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab pada Santri Ula Putri di Madrasah Diniyah Pondok pesantren Matholi’ul Anwar. Dalam penelitian ini, Disini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian Kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan 4 instrumen yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sebelum penggunaan teknik pembelajaran, hasil nilai pre test menunjukkan dengan jumlah 40 santri memperoleh nilai rata-rata 55, 3. Kemudian setelah dilaksanakannya pembelajaran, hasil nilai dari post test memperoleh nilai rata-rata 5664. Dari data hasil post test yang telah dianalisis diperoleh uji normalitas pada kelas Post test 0 000. Karena pada kelas post test , sehingga 0 ditolak dan 1 diterima, yang artinya data berdistribusi tidak normal Pada uji perbedaan pada kelas post tes diketahui bahwa nilai signifikan adalah Pvalue uji Wilcoxon tersebut dengan nilai 06000 adalah lebih kecil α (0605). Dari sini dapat diketahui bahwa Thitung = 0 lebih kecil daripada Ttabel = 65, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka diketahui pada pre test dan post test terdapat perbedaan dalam peningkatan pembelajaran kosa kata bahasa Arab.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Teknik Irtibat al-Kalimat, Kosa Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 04:20 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 04:20 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1571 |
Actions (login required)
View Item |