INOVASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI AL-MABRUR CENTER SIDOMULYO KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN

Tamim, Mochamad (2021) INOVASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI AL-MABRUR CENTER SIDOMULYO KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_MOCHAMAD TAMIM(19.062.102.241)-9.pdf

Download (237kB)
[img] Text
MOCHAMAD TAMIM(19.062.102.241).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mochamad Tamim, NIM 19.062.102.241, Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an Di Al-Mabrur Center Sidomulyo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, Lamongan: Program Pascasarjana Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Program Studi Pendidi kan Agama Islam. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, M. Ag. (2) Dr. H. Muhammad Ufuqul Mubin, M.Ag. Penelitian ini berlatar belakang dari keing inan peneliti untuk mengetahui Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an di Al-mabrur Center Sidomulyo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban yang merupakan salah sat u lembaga pendidikan AlQur’an yang mengajarkan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an kepada anak-anak usia dini dan remaja bahkan sampai lansia, oleh karena itu penting adanya sebuah penelit ian l ebih l anjut berkenaan dengan Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an sebagai upaya unt uk peningkatan kuali t as pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini bert ujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan inovasi pembelajaran Al-Qur’an dan mengetahui kendala serta solusi dari inovasi pembelajaran Al-Qur’an di Al-Mabrur Center Sidomulyo. Teknik yang digunakan sebagai alat pengumpul data dal am penelit ian ini adal ah tekni k int erview, observasi , dan dokument asi . Penelit ian ini dilakukan terhadap dirut Al-Mabrur Center Sidomulyo, menejer, koordinator guru AlQur’an, guru Al-Qur’an. Adapun tekni k analisis dat a dal am penelitian ini yai t u menggunakan t eknik reduksi data, display data dan menarik kesimpul an. Hasil peneli t ian ini menunjukan bahwa Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an Di Al-Mabrur Center Sidomulyo meliputi inovasi metode, inovasi materi, inovasi guru, dan inovasi pada evaluasi. Metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di Al-Mabrur Center Sidomulyo adalah metode ummi. Pendekatan pembelajaran dalam metode ini memilki 3 unsur yaitu metode langsung, diulang-ulang,dan kasih sayang yang tulus. Standar kelulusan peserta didik dalam pembelajaran AlQur’an di Al-Mabrur Center Sidomulyo adalah lulus dalam ujian munaqasyah. Materi ujian munaqasyah meliputi faşohah, tartil Al-Qur’an, ghorib Al-Qur’an, tajwid dasar dan hafalan surat pendek atau juz 30. Inovasi guru Al - Qur’an di AlMabrur Center Sidomulyo yaitu 1) guru harus menguasai materi, metodologi, mengajar Al-Qur’an dan mengevaluasi peserta didik, 2) guru yang mengajar AlQur’an harus sudah bersertifikasi, 3) guru harus menjaga konsisten master learning atau ketuntasan belajar, 4) guru harus mampu mengaktifkan peserta didik, 5) koordinator yang handal, 6) rasio guru dan peserta didik yang proposional, 7) guru harus terbiasa membaca Al-Qur’an setiap hari, 8) berjiwa da’i dan murobbi, 9) disiplin waktu, dan 10) komitmen pada mutu. Secara keseluruhan evaluasi atau penilaian dalam pembelajaran Al-Qur’an di Al-Mabrur Center Sidomulyo adalah muratul huruf, muratul harakat, muratul shifat, volume (power suara), muratul huruf, muratul tajwid, muratul kalimat, kelancaran, nafas, waqaf, membaca ghorib, komentar ghoib, Surat al -Fathihah, dan hafalan Surat pendek atau juz 30/29. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an, Metode, Materi, Guru, Evaluasi, ABSTRACT

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: novasi Pembelajaran Al-Qur’an, Metode, Materi, Guru, Evaluasi,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:21
Last Modified: 29 Nov 2023 06:21
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item