PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTs DARUN NAJAH BABAT

RUBAIK, RISMA CAHYANI (2022) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTs DARUN NAJAH BABAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051021_RISMA CAHYANI RUBAIK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
18051021_RISMA CAHYANI RUBAIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam permasalahan pendidikan yang sering dihadapi adalah permasalahan tentang bagaimana pendidik (guru agama) dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, karena akhir-akhir ini banyak peserta didik yang masih kurang memahami ajaran Islam. Apakah hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga peserta didik menjadi apatis. Oleh karena itu, guru harus menentukan metode yang tepat yakni menggunakan strategi active learning yang mana belajar aktif dapat mengaktifkan siswa belajar di kelas maupun di luar kelas. Adapun tutjuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan strategi active learning tipe everyone is a teacher here dalam mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darun Najah Babat (2) untuk mengetahui upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran SKI kelas VII dengan menggunakan strategi active learning tipe everyone is a teacher here di MTs Darun Najah Babat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menulis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang tampak. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan strategi active learning tipe everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran SKI berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan memancing atau mendorong motivasi siswa, memvariasi pembelajaran di kelas, melayani perbedaan siswa, meningkatkan interaksi siswa.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:04
Last Modified: 29 Nov 2023 07:04
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item