RAHMANIYAH, RAHMANIYAH (2022) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS 17 DARUL ULUM BALI PLUMPANG KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051027_RAHMANIYAH.pdf Download (438kB) |
|
Text
18051027_RAHMANIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Di dalam kegiatan pembelajaran seorang pendidik harus pandai dalam memilih media pembelajaran, Proses pembelajaran yang kurang kondusif menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Media yang digunakan dalam pembelajaran disini adalah media audio visual. Dengan adanya penggunaan media audio visual bukan saja memudahkan dan mengefektifkan proses belajar akan tetapi juga bisa membuat proses belajar lebih menarik sehingga siswa tidak merasa jenuh dan tidak siswa tidak sibuk sendiri dan bermain-main dengan teman yang lain saat pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fikih di MTs 17 Darul ulum bali plumpang kecamatan sukodadi kabupaten lamongan. Penelitian data ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas, hasil analisis tes, uji normalitas. Pengaruh media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs 17 Darul Ulum Bali Plumpang, Sukodadi, Lamongan sangat erat, itu artinya ada pangaruh penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa. hasil tes yang telah dianalisis menggunakan rumus paired sampel t-test yang sebelumnya di uji nomalitas terlebih dahulu menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dinyatakan baik. Berdasarkan dari hasil uji normalitas dari pretest adalah signifikasi 0,139 > 0,05 dengan rata-rata 62,8, sedangkan hasil dari uji normalitas posttest adalah signifikasi 0,089 > 0,05 dengan rata-rata 74,8. Kemudian, hasil uji t-test adalah -5.692 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti (hipotesis alternatif) diterima dan (hipotesis nol) ditolak.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 07:19 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 07:19 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1630 |
Actions (login required)
View Item |