UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs I’ANATUT THOLIBIN PUTATKUMPUL

Fatmawati, Bella (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs I’ANATUT THOLIBIN PUTATKUMPUL. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.

[img] Text
ABSTRAK BELLA FATMAWATI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Salinan Bismillah Skripsi Bella Fatmawati full fixxxx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak kepada siswa bermacam-macam. Permasalahan yang tedapat di Lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah I’anatut Tholibin Putatkumpul yakni kebanyakan siswa berbicara antar teman ketika proses belajar mengajar, tidak mematuhi perintah guru, sering terlambat sekolah, dan berbicara kurang sopan. Untuk mencegah lebih parahnya kemerosotan akhlak siswa, upaya yang bisa dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak siswa di sekolah diantaranya dengan keteladanan, pembiasaan, pengajaran, pemberian motivasi, dan hukuman. Oleh karena itu, guru selalu dituntut untuk berupaya mengembangkan potensi-potensi siswanya agar siswa mengetahui potensi yang dimilikinya. Termasuk dalam pembinaan akhlak siswa, sehingga siswa dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk menurut akal dan norma yang ada pada lingkungan dimana siswa berada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MTs I’anatut Tholibin Putatkumpul. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MTs I’anatut Tholibin Putatkumpul. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa menggunakan metode keteladan, pembiasaan, pengajaran, motivasi dan hukuman, yang mana dalam keseharian siswa di sekolah sudah di ajarkan dengan konsisten agar siswa mampu menerapkan dalam kehidupan di keluarga maupun di masyarakat. Sedangkan kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membinaan akhlak siswa yaitu dari faktor teknologi serta faktor lingkungan, sehingga dalam proses pembinaan akhlak siswa masih sedikit kurang maksimal dan masih kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI, Membina akhlak siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Nur X
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:16
Last Modified: 29 Nov 2023 07:16
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item