KORELASI METODE RESITASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MA ROUDLOTUL ULUM BANYUTENGAH

SHOLIHAH, NOVIATUS (2022) KORELASI METODE RESITASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MA ROUDLOTUL ULUM BANYUTENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051034_NOVIATUS SHOLIHAH.pdf

Download (108kB)
[img] Text
18051034_NOVIATUS SHOLIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menyampaikan pembelajaran ada beberapa pendidik yang hanya menggunakan metode yang monoton, misalnya metode ceramah saja yang dapat membuat peserta didik jenuh dan bosan sehingga minat belajar pada diri peserta didik akan menurun dan potensi yang ada dalam peserta didik tidak akan berkembang. Sebaiknya seorang pendidik menggunakan beberapa metode dalam proses pembelajaran supaya pembelajaran tersebut tidak monoton, terutama dalam mata pelajaran fiqih yang mana pelajaran tersebut termasuk pelajaran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode resitasi. Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui korelasi antara penerapan metode resitasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MA Roudlotul Ulum. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data-data dalam skripsi ini, metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumen dan angket dengan sampel kelas X sebanyak 30 siswa, dalam mengelola data penelitan ini menggunakan rumus Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat korelasi antara variabel metode resitasi dan minat belajar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada hasil perhitungan SPSS yang didapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05 maka terdapat korelasi antara metode resitasi terhadap minat belajar fiqih kelas X MA Roudlotul Ulum Banyutengah. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan korelasi antara metode resitasi dan minat belajar termasuk kedalam kategori sedang, dan ada pengaruh sebesar 30.36% dalam penerapan metode resitasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X MA Roudlotul Ulum.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:42
Last Modified: 29 Nov 2023 07:42
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item