PENERAPAN BLANDED LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQH DI KELAS X SMK NU 1 SUKODADI LAMONGAN

KASIM, MUTMAINA SUNGKAR (2022) PENERAPAN BLANDED LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQH DI KELAS X SMK NU 1 SUKODADI LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051040_MUTMAINA SUNGKAR KASIM.pdf

Download (167kB)
[img] Text
18051040_MUTMAINA SUNGKAR KASIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya banyak inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan namun tidak bisa berjalan selaras dengan masih ditemukan rendahnya nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Fiqih di kelas X OTKP SMK NU 1 Sukodadi. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran Fiqih yang dinilai terlalu monoton dan membosankan, sehingga ketuntasan nilai para peserta didik terbilang rendah dan amat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Oleh karena itu peneliti menerapkan blanded learning berbasis aplikasi edmodo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan blanded learning berbasis aplikasi edmodo pada mata pelajaran fiqih. (2) Mengetahui kendala dalam menggunakan e-learning edmodo pada mata pelajarn fiqih. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan penerapan blanded learning berbasis aplikasi edmodo pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan gabungan antara deskriptif dan eksperimental. Desain deskriptif dan eksperimen penelitian ini yaitu memaparkan kondisi yang diteliti pada setiap siklus dan sebab-akibat yang terjadi melalui hasil pre-test post-test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi dan tes. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X OTKP SMK NU 1 Sukodadi yang berjumlah 11 peserta didik. Dan menggunakan teknik analisis data berupa kriteria penilaian ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian dapat diketahui (1) Penerapan blanded learning berbasis aplikasi edmodo pada mata pelajaran fiqih diawali dengan guru membuka proses pembelajaran, menjelaskan materi, evaluasi materi dan melakukan refleksi pada setiap siklus. (2) Kendala dalam penggunaa e-learning edmodo adalah perlunya akses jaringan internet yang harus terhubung dan awal pengaplikasian peserta didik merasa kesulitan karena merupakan hal baru bagi peserta didik. 3) Peningkatan hasil belajar para peserta didik kelas X OTKP SMK NU 1 Sukodadi pada setiap siklus mengalami progress yang signifikan. Hal tersebut sesuai dengan analisis penilaian ketuntasan hasil belajar pada setia siklus. Pada pra siklus menujukkan hasil ketuntasan siswa sebesar 12,2%. Sedangkan pada kegiatan Siklus I presentase ketuntasan siswa meningkat mencapai 36,5%. Dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar para peserta didik mencapai 100%.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:49
Last Modified: 29 Nov 2023 07:49
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item View Item