PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN KAFALAH HAJI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI KOPERASI SYARI’AH BMT NU NGASEM JAWA TIMUR CABANG SROYO

AFIF, MOCH MAKHRUJ (2021) PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN KAFALAH HAJI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI KOPERASI SYARI’AH BMT NU NGASEM JAWA TIMUR CABANG SROYO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
FIX MOCH MAKHRUJ AFIF-SKRIPSI-TTD-6.pdf

Download (316kB)
[img] Text
FIX MOCH MAKHRUJ AFIF-SKRIPSI-TTD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Kafalah Haji, Kepuasan Anggota, Kopsyah. Haji termasuk rukun Islam yang ke lima. Haji dilaksanakan bagi orang yang mampu, artinya mampu secara ilmu, fisik, dan material. Akan tetapi dengan adanya suatu kendala, masyarakat Muslim masih banyak yang belum melaksanakan ibadah tersebut. Antara lain dari kendala tersebut ialah masalah biaya pendaftaran yang setiap tahunnya naik, serta kuota yang sangat terbatas. Dalam hal ini, Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo memberikan penawaran berupa produk kafalah yang diharapkan mampu membantu anggota untuk menunaikan ibadah Haji. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel yaitu produk pembiayaan kafalah haji dan kepuasan anggota. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data skunder. Data primer yang digunakan adalah hasil dari wawancara maupun kuesioner di Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo. Sedangkan, data sekunder yang digunakan adalah seluruh data-data terkait yang relevan dengan pembahasan yang bersumber dari website, jurnal, maupun buku. Objek dari penelitian ini adalah anggota yang mendaftar kafalah haji, dengan populasi 207 orang dan sample 136 orang. Selanjutnya, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, data diolah dengan IMB SPSS statistics 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara ivariabel kualitas produk dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota pada Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo. Dalam penelitian diperoleh nilai F hitung sebesar 21,619 dengan tingkat signifikan 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,000<0,05, maka iHo ditolak atau Ha diterima. Hal ini diartikan bahwa kualitas produk dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan anggota pada Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:13
Last Modified: 29 Nov 2023 08:13
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item