ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2022) DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA DI SMP DARUSSALAM BAURENO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051038_ISTIQOMAH.pdf Download (107kB) |
|
Text
18051038_ISTIQOMAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa permasalahan yang timbul, diantaranya: (1) Meningkatnya tindakan bullying (2) Adanya perlakuan diskriminasi baik fisik maupun lisan. Dengan permasalahan ini memberikan dampak pada perkembangan belajar anak diantaranya: (1) Peserta didik mengalami kesulitan berkonsentrasi (2) Jarang hadir sekolah (3) Penurunan hasil prestasi secara akademis, dan (4) Adanya gangguan secara mental dari tindakan bullying. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk-bentuk bullying yang kerap kali terjadi di SMP Darussalam Baureno, (2) dampak yang terjadi pada perkembangan belajar anak. Dalam penelitian ini, penulis mengguakan metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Didalam penelitian kualitatif tidak bergantung pada jumlah atau banyaknya hasil yang didapatkan atas suatu perbuatan, namun dalam hal ini akan selalu menitik beratkan pada nilai mutu dan kualitas yang akan diperoleh nantinya. Hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan data penelitian ditemukan beberapa temuan sebagai berikut: (1) Bahwa terdapat 2 bentuk bullying yang sering terjadi di SMP Darussalam Baureno yaitu bullying secara fisik dan bullying secara relasional. (2) Ditemukan data yang menunjukan bahwa tindakan bullying sering berdampak secara psiologis pada perkembangan belajar peserta didik.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 08:24 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 08:24 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1690 |
Actions (login required)
View Item |