EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI SMP NEGERI 3 BABAT

MACHMUDHOTIN, ILMA (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI SMP NEGERI 3 BABAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
FIX 1. SKRIPSI ILMA MACHMUDHOTIN-8.pdf

Download (157kB)
[img] Text
FIX 1. SKRIPSI ILMA MACHMUDHOTIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar. Pelaksanaan pembelajaran pada umumnya dilaksanakan secara tatap muka, dimana guru dan siswa berada di ruangan yang sama untuk melaksankan kegiatan pembelajaran. Akan tetapi berbeda dengan kondisi yang sedang dialami Negara Indonesia, karena tengah dilanda musibah pandemi covid-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran di laksankan secara daring. Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran melalui jejaring komputer yang dilakukan tanpa tatap muka. Penelitian ini dilaksankan di SMP Negeri 3 Babat, dikarenakan lembaga pendidikan tersebut tengah melaksanaan pembelajaran daring, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Terlaksananya pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Babat membuat peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan pembelajaran, serta pengaruh efektivitas pembelajaran daring yang tengah dilaksanakan di SMP Negeri 3 Babat khususnya pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring terhadap siswa pada mata pelajaran PAI di era pandemi serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di era pandemi SMP Negeri 3 Babat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh siswa dan wawancara terhadap guru, dengan uji data menggunakan IBM Statistic SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring terhadap siswa menggunakan aplikasi pembelajaran berupa WhatsApp Group, Google Classrom, Google Form, Youtube, dan Radio. Dari model regresi yang digunakan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel efektivitas pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan melihat nilai F hitung = 53.523 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan R Square sebesar 0.448 besar pengaruhnya sebanyak 44,8%. Dengan demikian diharapkan guru lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran dan siswa tidak bosan selama pembelajaran daring.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:42
Last Modified: 29 Nov 2023 08:42
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item