Pengaruh Ta’zir Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Al-Badriyyah Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri

Irkhamuddin, Irkhamuddin (2023) Pengaruh Ta’zir Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Al-Badriyyah Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.

[img] Text
ABSTRAK IRKHAMUDDIN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Salinan Skripsi Irkhamuddin (19051093).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ta’zir dalam pendidikan islam adalah tindakan yang dilakukan dengan sadar oleh pihak pendidik dengan memberikan peringatan dan pelajaran kepada peserta didik atas pelanggaran yang sudah dilakukan sesuai dengan nilai dan prinsip keislaman sesuai dengan bobot pelanggaran yang dilakukannya. Semakin berat pelanggaran yang dilakukan maka semakin berat juga hukuman yang akan didapatkan. Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah juga diberlakukan ta’ziran untuk mendisiplinkan santri yang melanggar aturan yang berlaku, seperti pelanggaran tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar, tidak masuk tanpa izin dan tidak mengikuti jamaah shalat fardhu (khusus untuk beberapa jenjang). Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan ta’zir di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah? (2) apakah ada pengaruh ta’zir terhadap tingkat kedisiplinan siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah?. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ta’zir dan pengaruh ta’zir terhadap kedisiplinan siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah. Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan sampel sejumlah 84 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk memperoleh data variabel (X) dan variabel (Y). Pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen angket ta’zir terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah menunjukkan hasil yang valid dan reliabel. Berdasarkan uji hipotesis diketahui ta’zir berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji regresi sederhana besarnya nilai F hitung = 0,008. Dan dapat diketahui nilai R Square sebesar 0,620 yang artinya pengaruh yang kuat antara variabel ta’zir secara simultan terhadap variabel kedisiplinan sebesar 62%. Dari hasil tersebut artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara ta’zir terhadap kedisiplinan siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan ta’zir mengikuti belajar mengajar dalam kaitannya dengan kedisiplinan siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Badriyyah baik terbukti secara empirik.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ta’zir, Kedisiplinan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Nur X
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:05
Last Modified: 29 Nov 2023 09:05
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item