PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK POWER POINT SHOW MATERI “TEKS BERITA” PADA SISWA KELAS VIII MTs. HASYIM ASY‟ARI DESA KEDUNGMEGARIH, KECAMATAN KEMBANGBAHU, KABUPATEN LAMONGAN

HABIBAH, AYU FIBRIANTI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK POWER POINT SHOW MATERI “TEKS BERITA” PADA SISWA KELAS VIII MTs. HASYIM ASY‟ARI DESA KEDUNGMEGARIH, KECAMATAN KEMBANGBAHU, KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17032046_AYU FIBRIANTI HABIBAH.pdf

Download (226kB)
[img] Text
17032046_AYU FIBRIANTI HABIBAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Habibah, Ayu Fibrianti. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbentuk Powerpoint Show Materi “Teks Berita” Pada Siswa Kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Desa Kedungmegarih, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul „Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Iib Marzuqi, M.Pd., (2) Laila Tri Lestari, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, powerpoint show, kevalidan, kepraktisan, keefektifan, teks berita Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, atau grafik) yang bersifat interaktif. Salah satu media yang dapat digunakan secara interaktif adalah media dengan memafaatkan microsoft powerpoint. Melalui fasilitas yang disediakan di dalamnya pengajar dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran interaktif yang lebih menarik dan inovatif. Hal ini akan membangkitkan semangat siswa dalam belajar baik secara bersama-sama maupun secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran interaktif berbentuk powerpoint show materi Teks Berita pada siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy‟ari Kedungmegarih. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pegembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbentuk powerpoint show materi Teks Berita ini adalah model 4D (Four-D) yang mencakup 4 tahap utama yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran, dan siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy‟ari Desa Kedungmegarih, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan yang berjumlah tiga puluh orang siswa. Jenis data yang akan didapatkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket dan teknis analisis data menggunakan instrumen uji kevalidan pada pengujian perseorangan, instrumen uji kepraktisan pada kelompok kecil, dan instrumen uji keefektifan pada kelompok besar. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kevalidan pada uji coba perseorangan oleh ahli materi dan ahli media memperoleh nilai sebesar 96,44. Uji kepraktisan produk pada uji coba kelompok kecil oleh guru mapel dan tiga orang siswa memperoleh nilai sebesar 93,74. Sedangkan uji keefektifan produk pada uji coba kelompok besar oleh tiga puluh orang siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy‟ari Kedungmegarih memperoleh nilai sebesar 91,83. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran interaktif ini dikategorikan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, powerpoint show, kevalidan, kepraktisan, keefektifan, teks berita
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:35
Last Modified: 29 Nov 2023 09:35
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item