PENERAPAN METODE GLOBAL ( METHOD GENZE ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 SEKARAN LAMONGAN

FARIDAH, FARIDAH (2022) PENERAPAN METODE GLOBAL ( METHOD GENZE ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 SEKARAN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051041_FARIDAH.pdf

Download (332kB)
[img] Text
18051041_FARIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Isam, sering terjadi bahwa tidak semua siswa dapat menyerap dan memahami materi pada saat pertama kali diajarkan. Hal tersebut disebabkan karena setiap siswa memang memiliki potensi dan karakter yang berbeda. Berhasil atau tidaknya pembelajaran di sekolah ditentukan oleh beberapa faktor. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik membutuhkan metode yang sesuai salah satunya adalah metode membaca global atau metode global. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan Metode Global pada mata pelajaran Pendidik Agama Islam. (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui metode global pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII A SMPN 1 Sekaran dengan jumlah siswa 20 anak. Pengumpulan data dari pelaksanaan tindakan di lapangan dengan teknik observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa, tes hasil belajar siswa, hasil angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Penerapan metode gobal pada mata pelajaran PAI dilaksanakan dengan guru menjelaskan materi, membagi kelompok pada siswa, membaca materi dan meresumenya, mempresentasikan, tanya jawab, dan pemberian reward. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Global mengalami peningkatan. Pada pra siklus ini nilai rata-rata mencapai 64,75 dengan presentase ketuntasan belajar 45%. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 79 dengan presentase ketuntasan belajar 65%. Pada sklus II nilai rata-rata mencapai 87,25 dengan presentase ketuntasan belajar 95%. Dengan demikian, penerapan Metode Global dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A di SMPN 1 Sekaran Lamongan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:42
Last Modified: 29 Nov 2023 10:42
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item