PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MI TARBIYATUL BANAT SIMO SUNGELEBAK

AINIYAH, QUROTUL (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MI TARBIYATUL BANAT SIMO SUNGELEBAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054011_QUROTUL AINIYAH.pdf

Download (280kB)
[img] Text
18054011_QUROTUL AINIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran adalah salah satu langkah yang penting untuk mencapai tujuan dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran dapat diatasi dengan memperbaiki penggunaan model pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran scramble. Dengan model tersebut diharapkan pendidik dapat mengembangkan proses pembelajaran di kelas, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan mudah memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Tematik di kelas III MI Tarbiyatul Banat Simo. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Tematik melalui model pembelajaran scramble di kelas III MI Tarbiyatul Banat Simo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan pengumpulan data yang dilakukan selama proses penelitian adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di MI Tarbiyatul Banat Simo. Pada prasiklus, presentase ketuntasan belajar siswa 21,05% kategori kurang sekali, dengan rata-rata 53.68. Pada siklus I, presentase ketuntasan belajar siswa 52,63% masuk pada kategori kurang sekali dengan nilai rata 68.68. Pada siklus II presentase ketuntasan belajar siswa 100% masuk kategori baik sekali, dengan rata-rata 87.37. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disimpulkan bahwa dengan menerapakan model pembelajaran scramble di kelas III MI Tarbiyatul Banat Simo dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Siswa menjadi lebih aktif, percaya diri dan mudah berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 15:19
Last Modified: 29 Nov 2023 15:19
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item