PAMUNGKAS, DWI MULYANINGSRI (2022) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS 3 MI TARBIYATUL BANAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054009_DWI MULYANINGSRI PAMUNGKAS.pdf Download (162kB) |
|
Text
18054009_DWI MULYANINGSRI PAMUNGKAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan proses komunikasi yang di dalamnya terkandung suatu proses transformasi pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan-keterampilan, baik yang berlangsung di dalam maupun di luar sekolah. Kurikulum 2013 disusun berdasar pada budaya dan karakter bangsa Indonesia, berbasis peradaban dan kompetensi, yang sejalan dengan pentingnya kecerdasan emosional bagi seorang siswa. Penggunaan media pembelajaran diorama digunakan sebagai salah satu cara dalam mempengaruhi kecerdasan emosional siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran diorama terhadap kecerdasan emosional siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Banat. Dalam penelitian ini, skripsi menggunakan metode Pre Experiment Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. pengumpulan data dalam skripsi ini berupa angket kecerdasan emosional dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest sebesar 58,42 dan skor posttest sebesar 82,32, kemudian diperoleh hasil nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan Thitung 16,923 > Ttabel 2,101. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kecerdasan emosional siswa. Penjelasan tersebut diperkuat dengan hasil rata-rata skor N-Gain sebesar 57,6595 yang berada dalam kategori tafsiran cukup efektif. Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama efektif terhadap kecerdasan emosional siswa.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 22:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 22:45 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1779 |
Actions (login required)
View Item |