PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN FIQIH MATERI NAJIS PADA SISWA KELAS 1 MI MAMBAUL ULUM GALANG

KHOIRIYAH, KHOIRIYAH (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN FIQIH MATERI NAJIS PADA SISWA KELAS 1 MI MAMBAUL ULUM GALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18054021_KHOIRIYAH.pdf

Download (343kB)
[img] Text
18054021_KHOIRIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pembelajaran fiqih materi najis. Hal itu ditandai dengan nilai akhir hasil belajar siswa, kurang dari nilai KKM yaitu 75. Hal ini bertolak belakang dengan realitas di kelas, guru masih menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa cenderung pasif, dan serta cenderung tidak tertarik dalam pembelajaran, yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu menggunakan model make a match dengan media gambar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan model Make a Match dengan media gambar pada pembelajaran Fiqih materi najis, (2) Mendiskripsikan hasil belajar peserta didik melalui model Make a Match dengan media gambar materi najis pada pembelajaran Fiqih. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan metode deskritif kualitatif. Subjek penelitan yaitu siswa kelas I MI Mambaul Ulum Galang dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data dari pelaksanaan tindakan di lapangan dengan teknik observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Tindakan dikatakan berhasil dengan dua siklus, satu siklus satu kali pertemuan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan make a match dengan media gambar dilaksanakan dengan guru menjelaskan materi melalui, membagi kelompok, mencari pasangan, mempersentasikan dan pemberian reward. Hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih melalui model make a match dengan media gambar mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai rata-rata 61,16 dengan presentase kentuntasan yaitu 37,5%, pada siklus I nilai rata-rata mencapai 76,91 dengan presentase kentutasan 66,66%. Pada siklus II rata-rata meningkat dari siklus I yaitu 83,33 dengan presentase kentutasan 100%. Dengan demikian, penerapan model Make a Match dengan media gambar daat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi najis kelas I MI Mambaul Ulum Galang Turi Lamongan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 22:58
Last Modified: 29 Nov 2023 22:58
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1781

Actions (login required)

View Item View Item