PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH TLOGOHAJI SUMBERREJO BOJONEGORO

PURWANINGSIH, AYU (2022) PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH TLOGOHAJI SUMBERREJO BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_18054002_AYU PURWANINGSIH.pdf

Download (110kB)
[img] Text
18054002_AYU PURWANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menghafalkan mufrodat bahasa Arab. Berdasarkan observasi peneliti, terdapat beberapa faktor penyebab kurangnya kemampuan siswa dalam menghafalkan mufrodat bahasa Arab dengan pembelajaran yang monoton dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan ketika pembelajaran bahasa Arab yang menimbulkan kegaduhan saat pembelajaran berlangung. Kondisi ini tentu sangat berpengaruh pada tingkat penguasaan materi termauk hafalan mufrodat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media gambar luntuk dijadikan solusi permasalahan di MI Islamiyah Tlogohaji ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar dalam meningkatkan hafalan mufrodat bahasa Arab MI kelas III MI Islamiyah Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro dan untuk mengetahui adakah peningkatan setelah menerapkan media gambar dalam meningkatkan hafalan mufrodat Bahasa Arab kelas III MI Islamiyah Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan di MI Islamiyah Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro. Model yang digunakan berupa media gambar yang sangat cocok digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk meningkatkan hafalan mufrodat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dan desain penelitiannya menggunakan kelompok prestes dan postes (one group pretest and posttest) dengan memberikan tes awal sebelum penerapan media gambar dan diberikan tes akhir setelah penggunaan media gambar. Sampel yang digunakan peneliti adalah kelas III MI Islamiyah Tlogohaji. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, hasil menunjukkan nilai rata-rata pretes sebanyak 30.00 sedangkan postes dengan nilai rata-rata 83.13. Media gambar yang diberikan memiliki dampak positif dalam pembelajaran serta siswa lebih semangat dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan saran kepada guru untuk lebih banyak mengkreasikan, mengembangkan media-media baru dan sikap untuk menemukan metode-metode yang lebih menarik. Adapun saran kepada siswa untuk terus meningkatkan semangat dan belajar menghafalkan mufrodat, karena mufrodat adalah dasar dari semua pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 23:16
Last Modified: 29 Nov 2023 23:16
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item