PENGARUH METODE BLANDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTS MIFTAHUL ULUM KULURAN DI MASA PANDEMI (COVID 19)

RIVADA, EKA FAHIMATHUR (2021) PENGARUH METODE BLANDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTS MIFTAHUL ULUM KULURAN DI MASA PANDEMI (COVID 19). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
Skripsi Eka Fahimathur Rivada (17051021)-8.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Skripsi Eka Fahimathur Rivada (17051021).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Metode Blended learning, Hasil Belajar Siswa, Pandemi Covid19 Dunia mengalami bencana berupa virus Covid-19 yang memakan banyak korban sehingga hampir melumpuhkan semua kegiatan di segala sektor, mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk mengintruksikan penerapan sistem pembelajaran berbasis online yang serentak dilakukan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Agar pembelajaran dapat berjalan seperti hari normal pihak sekolah menerapkan metode blended learning. Metode pembelajaran yang tepat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar. Pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunkan metode deskriptif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan metode teknik sampel secara acak (random sampling) sehingga dapat diperoleh sampel penelitian sebanyak 37 siswa yang sekaligus dijadikan responden penelitian. Sedangkan utuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan Prooduct Moment. Adapun tujuan penulisan ini adalah: 1). Untuk Mengetahui Prestasi Belajar Siswa MTs Miftahul Ulum Kuluran Di Masa Pandemi. 2). Untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended learning Terhadap Hasil Belajar MTs Miftahul Ulum Kuluran Di Masa Pandemi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa MTs Miftahul Ulum Kuluran ketika pandemi terdapat penurunan prestasi pada beberapa siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil prosentase hasil angket prestasi belajar dengan pernyataan prestasi siswa menurun saat masa pandemi, responden menyatakan bahwa ada 18,9% (7) siswa yang sangat setuju jika prestasi mereka menurun, 40,5% (15) siswa menjawab setuju jika prestasi mereka menurun, terdapat 27,0% (10) siswa yang ragu jika prestai mereka menurun, terdapat 5,4% (2) seswa dengan jawaban tidak setuju dan ada 8,1% (3) siswa yang menjawab sangat tidak setuju jika prestasi mereka menurun saat pandemi. Ada pengaruh yang cukup atau sedang antara metode blended learning dengan prestasi belajar kelas VII, VIII, dan VIIII MTs Miftahul Ulum Kuluran dengan tingkat yang sedang atau cukup h ini terbukti dari analisis data melalui rumus prodact moment angka kasar sebesar 0,607, kemudian hasil tersebut dikorelasikan kedalam tabel interpretasi produk moment hasilnya adalah terletak antara 0,40 – 0,70 yang berarti dalam kategori sedang atau cukup. Dengan demikian hasil penelitian yang telah dilakukan adalah Hipotesis alternatif (Ha) DITERIMA sedangkan Hipotesis nihil (Ho) DITOLAK.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:03
Last Modified: 30 Nov 2023 02:03
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item