YULIANTI, RISKA (2021) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 SUMBERREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.
Text (abstrak)
SKRIPSI RISKA YULIANTI-8.pdf Download (419kB) |
|
Text
SKRIPSI RISKA YULIANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme, Motivasi Belajar Siswa Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Dalam pendidikan ada banyak ragam pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh seorang pendidik. Terutama dalam mengatasi masalah pada anak yang kurang minat dalam belajar. Sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar para siswa. Salah satu pembelajaran yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme menekankan proses pembelajaran yang bertumpu pada siswa melalui pengalaman sehari-hari mereka. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui langkah yang dilaksanakan dalam penerapan pendekatan konstruktivisme oleh guru PAI, (2) untuk mengetahui adanya faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan konstruktivisme, (3) untuk mengetahui hasil peningkatan motivasi belajar siswa selama penerapan pendekatan konstruktivisme. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dangan menelaah masalah yang muncul di lapangan. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, seperti observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengkaji tentang penerapan pedekatan konstruktivisme yang dilaksanakan guru PAI SMPN 2 Sumberrejo di kelas VIII A dengan materi “Hormat dan Patuh terhadap Orangtua dan Guru”. Dari pelaksanaan penelitian didapatkan hasil: (1) langkah yang dilakukan oleh guru PAI dalam menerapkan pendekatan konstruktivisme adalah dengan melaksanakan kegiatan pendahuluan yang juga disebut fase orientasi dalam pendekatan konstruktivisme. Selanjutnya kegiatan inti terdapat dua fase, yakni fase elicitasi dan rekonstruksi ide. Terakhir penutup yang berisi tahap review. (2) faktor pendukungnya adalah semangat dari guru dalam menyampaikan materi, sedangkan faktor penghambatnya adalah pengelolaan kelas yang kurang baik dari guru. (3) hasil dari penerapan pendekatan ini adalah berhasil, diketahui dari meningkatnya motivasi siswa dalam belajar sehingga meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh Wafa Al-hasib |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:09 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 02:09 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1823 |
Actions (login required)
View Item |