Hamdany, M. Faris Naufal (2023) KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI PADA ANAK KELAS XI DI SMK NUSANTARA TURI LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.
Text
Abstrak_19032016_M. FARIS NAUFAL HAMDANY.pdf Download (16kB) |
|
Text
19032016_M. FARIS NAUFAL HAMDANY.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan menulis adalah salah satu keterampilan yang termasuk ke dalam keterampilan berbahasa Indonesia. Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan menyampaikan pesan pada sebuah tulisan dengan menuangkan ide-ide ke dalamnya. Salah satu pembelajaran menulis yang dipelajari oleh siswa jenjang menengah atas adalah menulis teks argumentasi. Teks argumentasi merupakan sebuah teks yang memberikan alasan kuat dan meyakinkan. Menurut hasil awal menulis ditemukan adanya rasa minat yang rendah terhadap kegiatan menulis di siswa kelas XI Otomasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), sehingga diperlukan adanya untuk meninjau sejauh mana keterampilan menulis siswa kelas XI OTKP di SMK Nusantara. Penelitian ini membahas tentang analisis keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas XI di SMK Nusanatara Turi Lamongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana serta sejauh mana kemampuan keterampilan menulis tekas argumentasi anak kelas XI di SMK Nusantara Turi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan Menggunakan tehnik wawancara serta strudi dokumentasi untuk memperoleh data. Sumber data penelitian ini berupa teks argumentasi yang telah dibuat oleh siswa kelas XI OTKP serta hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan dalam mencari sumber data adalah berupa tes tulis yang berisikan perintah membuah teks argumentasi pada anak kelas XI OTKP yang kemudian akan dilakukan pemilihan data kedalam korpus data, serta menggunakan instrument berupa pedoman wawancara yang digunakan dalam mewawancarai guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa aspek kesalahan keterampilan menulis siswa yang akan disajikan sebagai berikut aspek isi berjumlah 2 data, aspek organisasi isi berjumlah 2 data, aspek tata bahasa berjumlah 4 data, aspek pemilihan kata berjumlah 4 data, serta aspek ejaan dan tanda bahasa 9 data. Hal tersebut menunjukan masih rendahnya keterampilan menulis siwa yang didukung dengan banyaknya teks argumentasi yang siswa buat banyak yang mencari di internet serta saling mencotoh satu sama lain dan adanya faktor eksternal maupun internal yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Teks Argumentasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | ikrimatul ulumiyyah |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:41 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 02:41 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1837 |
Actions (login required)
View Item |