PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS 5 DI MI MIFTAHUL HUDA TEMU KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO

MUKLISIN, AHMAD ZAINUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS 5 DI MI MIFTAHUL HUDA TEMU KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
Cover Skripsi Saya-8.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Cover Skripsi Saya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Pengaruh, Gadget, Prestasi Siswa. Pengaruh adalah suatu daya atau kekuatan yang dapat timbul dari sesuatu, baik itu watak, orang, benda, kepercayaan dan perbuatan seseorang yang dapat mempengaruhi lingkungan yang ada di sekitarnya. Gadget sebagai sebuah alat elektronik dalam berkomunikasi dan mengakses suatu informasi yang sangat berkembang pesat. Selain mempunyai pengaruh yang positif, Gadget juga mempunyai pengaruh yang negatif terhadap penggunannya. Prestasi Siswa adalah hasil yang dicapai oleh seorang siswa dalam penguasaan dan keterampilan yang dikembangkan dalam pelajaran, biasanya ditunjukkan dengan tes angka atau nilai yang diberikan oleh seorang guru atau pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 di MI Miftahul Huda Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, peneliti mengambil sampel sebanyak 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun temuan hasil yang didapatkan adalah Pengaruh Penggunaan Gadget termasuk dalam kategori baik dengan rincian nilai rata-rata (mean) yang memperoleh 3,04 yaitu sebanyak 23 siswa. Hasil penelitian pada variabel Prestasi Siswa Kelas 5 di MI Miftahul Huda Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya hasil pengujian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif X terhadap Y, yaitu sebesar β = 0,173. Artinya semakin besar penggunaan gadget yang diberikan semakin besar nilai prestasi siswa sebaliknya semakin kecil penggunaan gadget yang diberikan semakin kecil nilai prestasi siswa meskipun pengaruh penggunaan gadget di sini signifikan tapi tidak terlalu besar yaitu sebesar 0,173. Kesimpulan penelitian tersebut yaitu Pengaruh Penggunaan Gadget berpengaruh pada Prestasi Siswa Kelas 5 di MI Miftahul Huda Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:47
Last Modified: 30 Nov 2023 02:47
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item