PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PLICKERS PADA MATERI MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI

Triutami, Megi Widiyah (2023) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PLICKERS PADA MATERI MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text
Abstrak_19032002_Megi Widiyah Triutami.pdf

Download (146kB)
[img] Text
19032002_Megi Widiyah Triutami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di sekolah, masih menggunakan cara tradisional, pasif, monoton, dan ditemukan tujuh problematika dalam proses evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Plickers pada Materi Menganalisis Unsur Pembnagun Puisi”. Beradasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi plickers pada materi menganalisis unsur pembangun puisi. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) (R & D), model pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model ADDIE, desain uji coba pada penelitian ini menggunakan uji coba perseorangan, kelompok kecil dan kelompok besar, subjek uji coba penelitian ini berfokus pada subjek uji coba kevalidan, kepraktisan dan keefektifan alat evaluasi pembelajaran berbasis aplikasi plickers pada materi menganalisis unsur pembangun puisi, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data campuran, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua lembar penilaian yaitu lembar observasi dan lembar angket, dan teknik analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga komponen yaitu analisis data lembar angket kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan dari hasil penilaian kevalidan alat evaluasi pembelajaran berbasis aplikasi plickers pada materi menganalisis unsur pembangun puisi yang telah dikembangkan dapat disimpulkan dari dua segi penilaian, yaitu 1) penilaian kevalidan ahli materi dan ketatabahasaan memiliki kualitas hasil yang sangat baik dengan presentase sejumlah 89,3 % dan 2) penilaian kevalidan ahli media memiliki kualitas hasil yang sangat baik dengan presentase sejumlah 78 %. Berdasarkan dari hasil penilaian kepraktisan alat evaluasi pembelajaran berbasis aplikasi plickers pada materi menganalisis unsur pembangun puisi yang telah dikembangkan dapat disimpulkan dengan kualitas hasil yang didapat berkategori sangat baik dengan presentase sejumlah 97%. Berdasarkan dari hasil penilaian keefektifan alat evaluasi pembelajaran berbasis aplikasi plickers pada materi menganalisis unsur pembangun puisi yang telah dikembangkan dapat disimpulkan dengan kualitas hasil yang didapat berkategori sangat baik dari pemerolehan skor presentase sejumlah 100%.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan alat evaluasi, plickers, unsur pembangun puisi, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: ikrimatul ulumiyyah
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:51
Last Modified: 30 Nov 2023 02:51
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item