STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (GPAI) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMK NU AL-HIDAYAH BRUMBUN NGIMBANG LAMONGAN

UBAIDILAH, MOCHAMMAD MUCHLIS (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (GPAI) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMK NU AL-HIDAYAH BRUMBUN NGIMBANG LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
fix SKRIPSI abstrak MOCHAMAD MUCHLIS UBAIDILLAH.docx.pdf

Download (64kB)
[img] Text
fix SKRIPSI MOCHAMAD MUCHLIS UBAIDILLAH.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Religiusitas seorang siswa tidak terlepas dari peran seorang guru. Terutama Guru Pendidikan Agama Islam menjadi sosok yang penting dalam upaya pembentukan karakter siswa. Dalam membimbing siswa, tentunya diperlukan strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa yang dibimbinngnya. Pembinaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan reigiusitas siswa sangatlah penting. Karena sekolah saat ini di anggap gagal dalam membina religiusitas siswa, sehingga banyak kita temui kasus-kasus yang terjadi pada siswa diantaranya adalah sopan santun yang kurang baik terhadap guru, knakalan remaja, dll. Semua itu terjadi akibat kuraang maksimalnya bimbingan religiusitas yang didapatkan oleh siswa disekolah. Adapun tujuan penulisan ini adalah : (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan keadaan religiusitas siswa di SMK NU Al-Hidayah (2) untuk mengetahui kendala guru pendidikan agama Islam serta untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas di SMK NU Al-Hidayah. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, skripsi ini menggunakan metode desktiptif kualitatif, maka pengumpulan data didapatkan dengan cara observasi secara langsung pada keadaan alamiahnya di SMK NU Al-Hidayah Brumbun Ngimbang Lamongan dan menggunakan sumber data pelengkap. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) strategi guru pendidikan Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMK NU Al-Hidayah Brumbun Ngimbang Lamongan adalah: melalaui pembelajaran pendidikan agama Islam dengan teknik yang dilakukan oleh guru pendidikan islam dengan cara membuat siswa suka kepada guru dan pembiasaan disiplin, doa bersama sebelum pembelajaran, sholat dhuha berjama’ah, mengaji Al-Qur’an. (2) kendala yang dihadap oleh guru ada dua faktor yakni intern antara lain: pembelajarn secara daring dan hilangnya kegiatan penunjang keagamaan. Sedangkan faktor ekstern antara lain: latar belakang keluarga, pergaulan siswa, kurangnya tunjangan pendidikan agama diluar sekolah serta perkembangan teknologi (3) solusi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam antara lain: memaksimalkan bimbingan keagamaan serta memberi nasehat dan teguran secara mendidik.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:41
Last Modified: 30 Nov 2023 03:41
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item