IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWI MI TARBIYATUL BANAT SIMO SUNGELEBAK KARANGGENEG LAMONGAN

Sari, Niken Kurnia (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWI MI TARBIYATUL BANAT SIMO SUNGELEBAK KARANGGENEG LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak_20054017_Niken Kurnia Sari.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Skripsi_20054017_Niken Kurnia Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini, terutama di rumah- rumah keluarga muslim semakin sepi dari bacaan ayat-ayat suci al-Qur’an. Hal ini disebabkan karena terdesak dengan munculnya berbagai produk sains dan teknologi serta derasnya arus budaya asing yang semakin menggeser minat untuk belajar membaca al-Qur’an, oleh karena itu diperlukan berbagai metode dan inovasi guna untuk menarik kembali minat membaca Al-qur’an di masyarakat muslim kususnya di kalangan anak anak seperti yang di laksanakan oleh sekolah MI Tarbiyatul Banat Lamongan, yang menggunakan metode tahsin Al-qur’an dengan harapan anak-anak atau siswi dapat melestarikan serta meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-qur’an.Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Implementasi Pembelajran Tahsin al-Qur’an dalam Meningkatkan Hafalan siswi MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneg Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Sumber data yang di gunakan meliputi; data primer dan data sekunder. Mengenai prosedur pengumpulan data, dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan siswi MI Tarbiyatul Banat mampu meningkatkan hafalan Al-Qur'an dengan tajwid yang benar dan makharijul huruf yang tepat, dengan menggunakan metode sorokan dan pengelompokan sebagai pendekatan utama, kemudian memberikan evaluasi secara rutin sebagai tolak ukur peningkatan siswa, dengan metode murojaah atau pengulangan dimana siswi akan di evaluasi secara rutin setiap satu bulan sekali. Pendekatan ini bertujuan untuk memperkuat ingatan dan penguasaan hafalan siswa, dimana siswa hanya diperbolehkan melanjutkan ke juz berikutnya jika hafalannya lancar dan benar. Serta menerapkan aspek-aspek penting seperti tajwid, fashohah, tartil, makharijul huruf, dan kelancaran guna memastikan bacaan Al-Qur’an siswa benar dan berkualitas.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NIKEN KURNIA SARI
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:37
Last Modified: 05 Nov 2024 06:37
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item