EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII MTS PLUS ATH-THOHIRIYYAH KEDUNGPRING

Wati, Yulistia (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII MTS PLUS ATH-THOHIRIYYAH KEDUNGPRING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak_20032038_Yulistiawati.pdf

Download (154kB)
[img] Text
20032038_Yulistiawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menulis yang cenderung masih sulit dikuasai oleh peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang efektif, menyenangkan dan memberikan kesempatan siswa untuk belajar lebih aktif dengan cara mengubah pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Efektivitas model pembelajaran project based learning pada materi teks prosedur kelas VII MTs Plus Ath-thohiriyyah Kedungpring dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran bahasa Indonesia dengan cepat dan dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model project based learning dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII ditinjau dari : (1) aktivitas siswa, (2) respon siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Plus Ath-thohiriyyah Kedungpring. Data yang diambil adalah data tentang ketuntasan siswa melalui aktivitas siswa, respon siswa, dan tes hasil belajar siswa terhadap efektivitas model project based learning. Sedangkan metode yang digunakan menganalisis lembar aktivitas siswa, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa dengan mempersentasikan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian selama tiga kali pertemuan diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Dikategorikan efektif dan baik karena telah ditinjau dari beberapa hal, dilaksanakannya : (1) Persentase aktivitas siswa yang aktif dicapai sebesar 94,16%, (2) Persentase respon siswa yang aktif dicapai sebesar 91,40%, (3) Hasil belajar siswa secara berkelompok selama proses pembelajaran berlangsung diperoleh hasil dengan jumlah persentase 85%, dan (4) Hasil belajar siswa secara individu selama proses pembelajaran berlangsung dengan jumlah persentase 81.7%.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: YULISTIAWATI YULISTIAWATI
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:56
Last Modified: 05 Nov 2024 05:56
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item