PERAN GURU PAI DALAM MENGHADAPI BULLYING DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI MI NURUL HIDAYAH RANCANG KENCONO LAMONGAN)

shofi, shofiana (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENGHADAPI BULLYING DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI MI NURUL HIDAYAH RANCANG KENCONO LAMONGAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051053_SHOFIANA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
SHOFIANA_20051053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Shofiana. 2024. “PERAN GURU PAI DALAM MENGHADAPI BULLYING DI MI NURUL HIDAYAH RANCANG KENCONO LAMONGAN”.Universitas Islam arul Ulum Lamongan. Pembimbing I Ibu KHOIROTUN NI’MAH. M.Pd.I. Pembimbing II Bapak MUCHAMAD SURADJI, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru, ,Pendidikan Agama Islam (PAI), Bullying. Bullying merupakan perilaku sosial yang seringkali terjadi di sekolah bahkan di pondok pesantren sekalipun, tidak jarang kasus ini terkadang melibatkan senioritas. Bullying juga bisa melibatkan siswa sebagai seorang pelaku dan korban. Perilaku bullying juga memberikan beberapa dampak negatif, baik untuk korban maupun untuk pelaku sendiri. Jika tindak bullying ini terjadi di SD/MI, maka peran guru PAI akan sangat dibutuhkan karena guru PAI dianggap guru yang paling tepat untuk memberikan nasehat kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying di sekolah. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus (case study). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa peran guru PAI terhadap bullying pada siswa yaitu sebagai orang yang membimbing atau yang memberi nasehat dan arahan serta membina siswa sehingga dapat mengatasi kasus atau masalah yang terjadi mengenai bullying supaya dapat meminimalisir bullying yang terjadi disekoloh. Guru juga harus mampu membentuk kepribadian siswa dan membangun hubungan positif dengan siswa, dan guru perlu mewaspadai tindakan kekerasan yang dilakukan siswanya. Untuk itu guru PAI sangat berperan penting dalam mengatasi tindak bullying kepada peserta didik, agar perilaku bullying tidak berlanjut sampai ke usia remaja nanti.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SHOFIANA SHOFIANA
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:40
Last Modified: 05 Nov 2024 06:40
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item