Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong di Era Digital Melalui Pembelajaran Project Based Learning di MAN 2 Lamongan

Aninas Avina, Vitiya (2024) Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong di Era Digital Melalui Pembelajaran Project Based Learning di MAN 2 Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text (abstrak)
Abstrak_20051027_Vitiya Avina Aninas.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20051027_Vitiya Avina Aninas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Projek Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu komponen penting dalam Kurikulum Merdeka Belajar yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Program ini dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proses pendidikan dengan tujuan membentuk karakter dan kompetensi peserta didik. Profil Pelajar Pancasila mencakup enam dimensi utama yang harus dikembangkan, yaitu: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya partisipasi para remaja atau pemuda dalam kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar khusunya di era digital saat ini. Adapun Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Penerapan Project Based Learning untuk penguatan profil pelajar pancasila di MAN 2 Lamongan. (2) Mengetahui nilai gotong royong yang tertanam pada peserta didik MAN 2 Lamongan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancar, dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data yang digunakan yaitu triagulasi metode, triagulasi sumber data, dan triagulasi teori. Adapun Hasil Penelitian ini diantaranya: profil pelajar pancasila dimensi gotong royong di era digital melalui pembelajaran project based learning di MAN 2 Lamongan yakni memfokuskan pada Pendidikan karakter peserta didik, di era digital saat ini peserta didik mampu berperan aktif dan memanfaatkan segala peluang yang ada serta mengapdet dirinya menjadi pribadi yang lebih baik, kreatif dan inovatif, serta dapat berguna dan bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya. Dalam kegiatan gotong royong ini nantinya diharapkan peserta didik senantiasa saling tolong menolong, dapat bekerja sama dengan baik, dan menjadi pribadi yang beraklakul karimah. Program ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi akademis peserta didik, tetapi juga untuk membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga mereka dapat menjadi warga negara yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: VITIYA AVINA ANINAS
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:18
Last Modified: 05 Nov 2024 06:18
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item View Item