PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SMP TERPADU NURUL FATTAH DADAPAN

ZAMRONI, AHMAD (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SMP TERPADU NURUL FATTAH DADAPAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_AHMAD_ZAMRONI_20051009.pdf

Download (120kB)
[img] Text
20051009__AHMAD_ZAMRONI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahap remaja, individu mengalami proses belajar dan pengembangan bakat yang pesat. Namun, fase ini juga seringkali disertai dengan pengambilan keputusan yang buruk akibat pengaruh eksternal seperti tekanan dari teman sebaya dan teknologi. Remaja yang kurang mendapat pengawasan dari orang tua cenderung mencari kesenangan di luar rumah dan sering kali terjerumus ke dalam perilaku negatif, termasuk bullying. Bullying adalah tindakan agresif yang dilakukan secara terus-menerus dengan tujuan menyakiti, menindas, dan menyiksa korban untuk kepuasan pribadi pelaku tanpa rasa belas kasihan. Fenomena ini tidak hanya terjadi di sekolah dasar dan menengah tetapi juga di perguruan tinggi, menjadikannya masalah serius yang perlu diatasi. Dalam konteks ini, Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting tidak hanya sebagai mata pelajaran akademis tetapi juga sebagai sarana untuk membentuk karakter dan moral siswa. PAI dapat memberikan nilai-nilai moral dan etika yang penting dalam mencegah dan mengurangi kasus bullying di lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, peran guru Pendidikan Agama Islam sangat signifikan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung, di mana siswa dapat mengembangkan karakter yang baik dan menghindari perilaku bullying.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Zamroni
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:12
Last Modified: 05 Nov 2024 06:12
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item