Milasari, Devi (2002) PENERAPAN MEDIA CANVA BERBENTUK POSTER DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X-F SMAN 1 SUKODADI. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan.
Text (abstrak)
Abstrak_20032018_Devi Milasari.pdf.pdf Download (323kB) |
|
Text
20032018_Devi Milasari.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran menulis teks biografi di kelas X-F SMAN 1 Sukodadi masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, sehingga siswa hanya mendengarkan guru menerangkan materi pelajaran dan siswanya tidak ikut aktif dalam proses pembelajaran dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah media papan tulis, sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran tersebut kurang dan mengakibatkan prestasi belajarnya kurang memuaskan. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menggunakan suatu media dan model pembelajran alternatif yaitu penerapan media canva berbentuk poster dengan model project based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media canva berbentuk poster dengan model project based learning dalam menulis teks biografi ditinjau dari: (1) Aktivitas Siswa, (2) Ketuntasan Hasil Belajar, (3) Respon Siswa. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-F SMAN 1 Sukodadi Lamongan Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian peneltian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, tes, dan angket atau kuesioner. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif, seperti: keadaan lingkungan, keadaan guru dan peserta didik, foto-foto dan sebagainya. Teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif dengan tujuan mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Teknik kuesioner atau angket digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang respon siswa terhadap pengunaan media aplikasi canva berbentuk poster pada materi teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan media canva berbentuk poster dengan model project based learning sangat baik atau efektif diterapkan dalam menulis teks biografi ditinjau dari: (1) Aktivitas siswa berkategori sangat baik dengan presentase sebesar 93,75% atau efektif untuk diterapkan dikelas X-F SMAN 1 Sukodadi; (2) Ketuntasan belajar siswa terdapat 34 siswa yang tuntas belajar dan 2 siswa yang tidak tuntas belajar. Ketuntasan belajar siswa berkategori sangat baik dengan presentase sebesar 94,44% atau efektif untuk diterapkan dikelas X-F SMAN 1 Sukodadi; dan (3) Respon siswa berkategori sangat baik dengan presentase sebesar 94,98% atau efektif untuk diterapkan dikelas X-F SMAN 1 Sukodadi.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Devi Milasari |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:55 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:55 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3044 |
Actions (login required)
View Item |